IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU DI SMPLB NEGERI TAMANWINANGUN KEBUMEN

Siti Faiqotur Roisah, NIM.16115934 and Dr. Imam Satibi, M.Pd.I, NIDN.2123027201 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU DI SMPLB NEGERI TAMANWINANGUN KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
judul.pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (160kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version

Download (191kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (149kB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Faiqotur Roisah. 1611534. Implementasi Pembelajaran Membaca Al – Qur’an
Bagi Anak Berkebutuhan Khusu Tunarungu di SMPLB Negeri Tamanwinangun
Kebumen.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui metode yag digunakan
dalam implementasi pembelajaran membaca al-qur’an bagi anak berkebutuhan
khusus tunarungyu si SMPLB Negeri Tamanwinangun Kebumen; (2) untuk
mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi
pembelajaran membaca al-qur’an bagi anak berkebutuhan khusu tunarungu di
SMPLB Negeri Tamanwinangun Kebumen. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa yag
digunakan yaitu display data, interpretasi data, konsepsi data.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode yang
digunakan dalam implementasi pembelajaran membaca al-qur’an bagi anak
berkebutuhan khusus tunarungu di SMPLB Negeri Tamanwinangun Kebumen, yaitu ;
(1) metode tanya jawab, (2) metode ceramah, (3) metode pemberian tugas dan
hafalan, (4) metode oral. Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran
membaca al-qur’an bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu di SMPLB Negeri
Tamanwinangun Kebumen, yaitu ; (1) mempunyai tenaga pengajar yang profesional
dan berpengalaman; (2) sarana dan prasarana yang memadai; (3) dukungan serta
kerjasam yang baik dari keluarga siswa untuk ikut berperan aktif dalam memajukan
pendidikan; (4) partisipasi lingkungan yang mendukung. Faktor penghambat dalam
implementasi pembelajaran membaca al-qur’an bagi anak berkebutuhan khusus
tunarungu di SMPLB Negeri Tamanwinangun Kebumen, yaitu ; (1) kondisi ketunaan;
(2) keterbatasan cara komunikasi; (3) keterbatasan jumlah tenaga pengajar; (4)
keterbatasan waktu pembelajaran
Kata kunci : Metode Pembelajaran, faktor

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, faktor
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2022 07:28
Last Modified: 05 Jan 2022 07:28
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item
View Item