Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs PSA Husnul Hidayah Karangtanjung Alian Kebumen. Skripsi. IAINU Kebumen.

Mely Ami Ningrum, NIM.17116239 and Dr. Sudadi, M.Pd.I.,, NIDN.2112105601 (2021) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs PSA Husnul Hidayah Karangtanjung Alian Kebumen. Skripsi. IAINU Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (833kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (345kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (268kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB)

Abstract

ABSTRAK
Mely Ami Ningrum. 17116239. Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak
secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs PSA Husnul Hidayah
Karangtanjung Alian Kebumen. Skripsi. IAINU Kebumen.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan
kegiatan pembelajaran akidah akhlak secara daring pada masa pandemi Covid-19
di MTs PSA Husnul Hidayah Karangtanjung Alian Kebumen; (2) Untuk
mengetahui kendala dan solusi dalam pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak
secara daring pada masa pandemi Covid-19 di MTs PSA Husnul Hidayah
Karangtanjung Alian Kebumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini
mengambil lokasi di MTs PSA Husnul Hidayah Karangtanjung Alian Kebumen.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini kepala madrasah, guru akidah akhlak,
peserta didik, dan pihak yang terkait dengan informasi penelitian. Subjek teknik
analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa proses
pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran akidah akhlak di MTs PSA
Husnul Hidayah pada masa pandemi Covid-19 tediri atas tiga tahapan, yaitu (1)
kegiatan pendahuluan mengisi absen melalui whatsApp group. (2) kegiatan inti
penyampaian materi pelajaran dilanjutkan dengan pemberian tugas oleh guru. (3)
kegiatan penutup pemberiantugas harian maupun remidi bagi peserta didik yang
belum mencapai ketuntatasanminimal. Kendala yang terjadi dalam pembelajaran
daring pada mata pelajaran Akidah Akhlah yaitu: 1) beberapa peserta didik tidak
mempunyai handphone, solusinya (1) bergabung dengan peserta didik lain yang
mempunyai handphone. (2) peserta didik mengikuti pembelajaran secara luar
jaringan (luring) atau offline dengan memberikan tugas setiap minggu kepada
peserta didik yang tidak bisa mengikuti pembelajaran daring secara penuh. 2)
terkendala jaringan seluler, solusinya pindah lokasi yang terjangkau jaringan
internet. 3) kuota internet yang boros, solusinya peserta didik tidak perlu
menghidupkan koneksi internet apabila sudah tidak menggunakannya. Batasi
pemakaian data dengan cara mengaktifkan kuota ketika dibutuhkan saja.
Kata Kunci : Pembelajaran, Akidah Akhlak, Daring, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Akidah Akhlak, Daring, Covid-19
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:46
Last Modified: 05 Jan 2022 06:46
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item
View Item