Fatah Adhi Nugraha, NIM.171163965 and Benny Kurniawan, M.Pd.I s, NIDN.2110068702 (2021) INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KITAB TAYSIRUL KHOLAQ PADA SANTRI PUTRA KELAS 2 MADRASAH DINIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-HUDA JETIS KUTOSARI KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
0.MUQODIMAH.pdf - Published Version
Download (759kB)
1.BAB 1.pdf - Published Version
Download (176kB)
2.BAB 2.pdf - Published Version
Download (207kB)
5.BAB 5.pdf - Published Version
Download (14kB)
Abstract
ABSTRAK
Fatah Adhi Nugraha, 17116363. Internaslisasi Pendidikan Karakter Melalui
Kitab Taysirul Kholaq Pada Santri Putra Kelas 2 Madrasah Diniyah di Pondok
Pesantren Al-Huda Jetis, Kutosari, Kebumen.
Tujuan penelitian adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana internalisasi
pendidikan karakter melalui kitab Taysirul Kholaq pada santri putra kelas 2
madrasah diniyah di Pondok Pesantren Al-Huda Jetis, Kutosari, Kebumen; (2)
Untuk mengetahui bagaimana karakter santri putra kelas 2 madrasah diniyah di
Pondok Pesantren Al-Huda Jetis kebumen setelah adanya internalisasi pendidikan
karakter melalui kitab Taysirul Kholaq; (3) Untuk mengetahui apa faktor
pendukung dan penghambat dari proses internalisasi pendidikan karakter melalui
kitab taysirul kholaq pada santri putra kelas 2 madrasah diniyah di Pondok
Pesantren Al-huda Putra Jetis, Kutosari, Kebumen.
Penelitian ini berupa penelitian berbasis lapangan (Field Research).
Peserta didik/santri yang diteliti adalah santri kelas 2 madrasah diniyah di Pondok
Pesantren Al-Huda Jetis, Kutosari, Kebumen. Metode dan desain yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan
berupa data pelaksanaan internalisasi pendidikan karakter melalui kitab Taysirul
Kholaq di dalam madrasah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analysis
interactive dari Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) internalisasi
pendidikan karakter melalui kitab Taysirul Kholaq pada kelas 2 madrasah diniyah
di Pondok Pesantren Al-Huda Jetis, Kutosari, Kebumen dilaksankan melalui
pendekatan komprehensif yakni pembiasaan dan keteladanan dengan
memperhatikan langkah-langkah serta tahap-tahap pelaksanan internalisasi ;(2)
santri kelas 2 madrasah diniyah menjadi lebih terbangun dan terbentuk
karakternya. Dimana memilki kesesuaian dengan nilai-nilai karakter seperti yang
telah dicetuskan oleh departemen pendidikan nasional; (3) internalisasi
pendidikan karakter melaui kitab Taysirul Kholaq ini di dorong oleh adanya
faktor pendukung baik internal (dari dalam diri santri) ataupun eksternal (dari luar
santri). Diantaranya mencakup kebutuhan, keinginan, harapan, hububungan antar
individu, pengalaman belajar dan llingkungan. Sedangkan faktor penghambat
diantaranya, kurangnya rasa semangat, perbedaan karakter santri, kebiasaan di
rumah, dan lingkungan sekitar.
Kata Kunci : Internalisasi, Karakter, Taysirul Kholaq, Madrasah, Pondok
Pesantren
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Karakter, Taysirul Kholaq, Madrasah, Pondok Pesantren |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 04:12 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 04:12 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/189 |