PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA PESERTA DIDIK SD N 4 KUWAYUHAN

Ahmad Mujib, NIM.17116260 and Dr.H.Imam Satibi, M.Pd.I, NIDN.2123027201 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA PESERTA DIDIK SD N 4 KUWAYUHAN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
COVER FIXS..pdf - Published Version

Download (897kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
BAB I FIXS.pdf - Published Version

Download (96kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
BAB II FIXS.pdf - Published Version

Download (213kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
BAB V FIXS.pdf - Published Version

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Mujib. 17116260. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Pada Peserta Didik SD N 4 Kuwayuhan
Tujuan Penelitian ini: (1) untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama
Islam (PAI) dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SD N
Kuwayuhan ; (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan
penghambat guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik
di SD N 4 Kuwayuhan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Objek yang diteliti adalah
kepala sekolah, guru PAI dan komite di SD N 4 Kuwayuhan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang dikumpulkan
berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai peran guru PAI
dan faktor pendukung serta penghambat dalam mengembangkan kecerdasan
spiritual peserta didik di SD N 4 Kuwayuhan. Analisis data yang digunakan
adalah analisis kualitatif studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan adalah
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) peran guru
Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan kecerdasan spiritual
peserta didik adalah guru PAI menjadi pendidik, pembimbing dan motivator
melalui pembiasaan-pembiasaan bagi peserta didik di sekolah. (2) Faktor
pendukung guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengembangkan kecerdasan
spiritual peserta didik meliputi kesempatan, dukungan dari Kepala Sekolah dan
adanya kerjasama dengan sesama guru dan lingkungan masyarakat sekitar
sekolah. Faktor penghambat guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengembangkan
kecerdasan spiritual peserta didik meliputi latar belakang keluarga, kemauan atau
kesadaran peserta didik, serta lingkungan pergaulan peserta didik.
Kata kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:12
Last Modified: 05 Jan 2022 03:12
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item
View Item