PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA MADRASAH DAN INOVATIF GURU TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) TAHASSUS MA’ARIF NU PITURUH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

FATKHAN ANIS, NIM 1910575 and Dr Eliyanto, S.Pd.I., M.Pd, NIDN.2108058801 (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA MADRASAH DAN INOVATIF GURU TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) TAHASSUS MA’ARIF NU PITURUH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover, BAB I-III] Text (Tesis Cover, BAB I-III)
Tesis Cover, BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
Fatkhan Anis Bab 5 pdf.pdf - Published Version

Download (511kB)

Abstract

ABSTRAK

Fatkhan Anis, 1910575 NIM. Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Madrasah dan Inovatif Guru Terhadap Produktivitas Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahassus Ma’arif NU Pituruh Purworejo Tahun Pelajaran 2020/2021”

Permasalahan yang dihadapi MI Tahassus Ma’arif NU Pituruh adalah produktifitas kerja guru belum optimal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai pendidik serta program pengembangan pada bidang pengajaran yang menjadi tanggungjawabnya belum optimal. Kepempinan instrusional kepala MI Tahassus Ma’arif NU Pituruh dan sikap inovasi guru dipandang sebagai upaya untuk meningkatkan produktifitas guru dan mewujudkan suasana kerja yang kondusif sehingga pelaksanaan pendidikan di MI Tahassus Ma’arif NU Pituruh dapat terlaksana secara efektif dan efisien yang berdampak pada produktifitas kerja guru.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif sehingga analisis yang digunakan adalah analisis statistik, guna menguji tingkat pengaruh atau yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kedua variabel. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistic dengan menggunakan regresi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, analisis regresi linier model summary nilai R Square sebesar 0,676 yang berarti bahwa kepemimpian instruksional kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktifitas guru sebesar 67,60 % dan sisanya yakni 32,40% dipengarui oleh sebab lain. kedua , analisis regresi linier model summary nilai R Square sebesar 0,695 yang berarti bahwa produktifitas kerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktifitas guru sebesar 69,50 % dan sisanya yakni 30,50 % dipengarui oleh sebab lain. ketiga , analisis regresi linier model summary nilai Adjusted R Square sebesar 0,780 yang berarti bahwa kepemimpinan kepala madrasah dan produktifitas kerja guru bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktifitas guru sebesar 78 % dan sisanya yakni 22 % dipengarui oleh sebab lain.

Kata Kunci : Kepemimpinan Instrusional, Inovasi Guru, Produktifitas Kerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Instrusional, Inovasi Guru, Produktifitas Kerja Guru
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:16
Last Modified: 10 Nov 2021 07:16
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item
View Item