SUGENG WAHYONO, NIM.1910657 and Dr.H.Sulis Rahmawanto,M.SI., NIDN.2131038501 (2021) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH MAMBA’UL ‘ULUM TUNJUNGMULI KARANGMONCOL PURBALINGGA. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
Tesis Cover.pdf - Published Version
Download (1MB)
BAB I-BAB III.pdf - Published Version
Download (679kB)
Tesis BAB V.pdf - Published Version
Download (544kB)
Abstract
ABSTRAK
Sugeng Wahyono. NIM.1910657 Manajemen Pendidikan Karakter di MA Mamba’ul Ulum Tunjungmuli Karangmocol Purbalingga
Salah satu tujuan sisem pendidikan nasional adalah membentuk karakter yang mulia bagi peserta didik, namun realitanya masih banyak ditemui kasus pelanggaran yang melibatkan anak usia madrasah. Oleh karena itu, Kemenag mencanangkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dengan demikian madrasah/ madrasah sebagai penyelenggara pendidikan karakter. Sebagai madrasah yang menyelenggarakan pendidikan karakter, fungsi manajemen yang dijalankan di MA Mamba’ul Ulum harus optimal agar mencapai pendidikan karakter dan menjadi contoh bagi madrasah lain.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendetesiskan dan menganalisis perencanaan pendidikan karkater di MA Mamba’ul Ulum , 2) Untuk mendetesiskan dan menganalisis pelaksanaan pendidikan karkater di MA Mamba’ul Ulum , dan 3) mendetesiskan dan menganalisis evaluasi pendidikan karkater di MA Mamba’ul Ulum .
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa fungsi manajemen yang diterapkan di MA Mamba’ul Ulum , yakni (1) Perencanaan pendidikan karakter dengan menetukan nilai karakter yang dikembangkan di madrasah, menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan, mereview dokumen terkait pelaksanaan penguatan pendidikan karakter, dan mensosialisasi kebijakan kepada seluruh warga madrasah, orang tua peserta didik, serta masyarakat terkait; (2) Pelaksanaan pendidikan karakter dengan cara mengintegrasikan konten pendidikan karakter yang telah dirumuskan ke dalam seluruh mata pelajaran serta dalam kegiatan yang diprogamkan atau direncanakan; Mengintegrasikan pendidikan karakter kedalam kegiatan sehari-hari di madrasah berupa pembiasaan dan keteladanan; serta membangun komunikasi serta kerjasama antar madrasah dengan orang tua peserta didik; (3) Evaluasi pendidikan karakter dilakukan melalui evaluasi program; evaluasi proses; dan evaluasi hasil.
Kata Kunci: Karakter, Manajemen Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Manajemen Pendidikan Karakter |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 08:12 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 08:12 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/159 |