MANAJEMEN KURIKULUM TAHFIDZUL QUR’AN BAGI GENERASI ZENTENNIAL DI SD ISLAM ULIL ALBAB KEBUMEN

: MUNAJAT, NIM. 1910628 (2021) MANAJEMEN KURIKULUM TAHFIDZUL QUR’AN BAGI GENERASI ZENTENNIAL DI SD ISLAM ULIL ALBAB KEBUMEN. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover] Text (Tesis Cover)
cover pdf.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB I] Text (Tesis BAB I)
munajat bab 1 -pdf.pdf - Published Version

Download (655kB)
[thumbnail of Tesis BAB II] Text (Tesis BAB II)
munajat bab 2 pdf.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
munajat bab 5 pdf.pdf - Published Version

Download (488kB)

Abstract

ABSTRAK
Munajat, NIM: 1910628 Manajemen Kurikulum Tahfidzul Qur’an
Bagi Generasi Zentennial Di SD Islam Ulil Albab Kebumen,
Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2021
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui Perencanaan
Kurikulum Tahfidzul Qur‟an Bagi Generasi Zentennial Di SD Islam Ulil Albab
Kebumen; (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen
kurikulum Tahfidzul Qur‟an Bagi Generasi Zentennial Di SD Islam Ulil Albab
Kebumen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian kualitatif.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam Tesis ini yaitu
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan
bahwa manajemen kurikulum Tahfidzul Qur‟an Bagi Generasi Zentennial Di SD
Islam Ulil Albab Kebumen dilakukan sesuai fungsi manajemen yaitu (1)
Melakukan perencanaan manajemen kurikulum Tahfidzul Qur‟an (2) Melakukan
Pengorganisasian kurikulum Tahfidzul Qur‟an melalui proses kegiatan
pembelajaran Tahfidzul Qur‟an. (3) Melakukan Evaluasi kurikulum pembelajaran
kitab kuning. Faktor pendukung dalam manajemen Tahfidzul Qur‟an di SD Islam
Terpadu Ulil Albab Kebumen yaitu : (1) Faktor dari peserta didik yang beragam
(2) Faktor dari kompetensi guru (3) Faktor lingkungan Sekolah (4) Faktor
dukungan dari yayasan, guru-guru, masyarakat dan wali murid. Faktor
penghambat dalam manajemen kurikulum tahfidzul Qur‟an di SD Islam Terpadu
Ulil Albab Kebumen, yaitu : (1) peserta didik yang bukan alumni TK atau KB IT
Ulil Albab dan tidak mengaji. (2) Faktor waktu yang terbatas.
Kata Kunci : Manajemen, Kurikulum, Tahfidzul Qur‟an

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: : Manajemen, Kurikulum, Tahfidzul Qur‟an
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:31
Last Modified: 02 Nov 2021 07:31
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item
View Item