MANAJEMEN STRATEJIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di MI Ma’arif NU 02 Tunjungmuli dan MI Ma’arif NU 03 Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga)

NUR HAMDIYAH, NIM. 1910650 (2021) MANAJEMEN STRATEJIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di MI Ma’arif NU 02 Tunjungmuli dan MI Ma’arif NU 03 Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga). Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover] Text (Tesis Cover)
tesis Cover, BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB II] Text (Tesis BAB II)
Nur Hamdiyah bab 2 pdf.pdf - Published Version

Download (856kB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
Nur Hamdiyah bab 5 pdf.pdf - Published Version

Download (520kB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Hamdiyah, NIM: 1910650. Manajemen Stratejik Kepala Madrasah
dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di MI Ma’arif NU 02
Tunjungmuli dan MI Ma’arif NU 03 Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol
Kabupaten Purbalingga), Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen,
2021.
Rendahnya mutu pendidikan Islam salah satunya disebabkan oleh tata
kelola yang belum mendukung, sehingga perlu adanya manajemen stratejik yang
tepat dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana kepala madrasah menyusun, mengimplementasikan
dan mengevaluasi strategi peningkatan mutu pendidikan di MI Ma‟arif NU 02
Tunjungmuli dan MI Ma‟arif 03 Tunjungmuli.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.
Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi, dokumentasi dan
wawancara yang dilakukan terhadap kepala madrasah, guru serta komite Ma‟arif
NU 02 Tunjungmuli dan MI Ma‟arif 03 Tunjungmuli. Keabsahan data penelitian
diuji melalui triangulasi data dan membercheck yang kemudian dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis interaktif berkelanjutan.
Hasil penelitian di kedua madrasah tersebut adalah: Pertama, proses
perumusan strategi terdiri dari perumusan visi dan misi madrasah yang melibatkan
para stakeholder, identifikasi lingkungan madrasah menggunakan analisis SWOT
serta penentuan strategi berdasarkan visi, misi dan hasil analisis lingkungan.
Kedua, proses implementasi strategi meliputi penetapan kebijakan sesuai dengan
strategi yang dirumuskan, pengembangan budaya yang mendukung strategi
seperti budaya Islam dan kedisiplinan, serta mengalokasikan sumberdaya
berdasarkan prioritas. Ketiga, proses evaluasi strategi meliputi monitoring melalui
rapat dan supervisi pembelajaran, pengukuran kinerja berdasarkan prestasi yang
diraih, dan melakukan tindakan korektif.
Kata Kunci : manajemen pendidikan Islam, manajemen stratejik, mutu
pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen pendidikan Islam, manajemen stratejik, mutu pendidikan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:49
Last Modified: 02 Nov 2021 06:49
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item
View Item