PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA PENIRON

Khofifatur Rohmah, NIM.17116211 and Dr. Sudadi, M.Pd.I.,, NIDN.2112105601 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA PENIRON. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (835kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar Pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB)

Abstract

ABSTRAK
Khilyatus Sangadah. 17116325. “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak
Belajar Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Peniron”.
Peran orang tua terhadap pendidikan anak sangatlah penting, mengingat
orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anaknya. Terlebih di
masa pandemi covid-19 ini, dimana pembelajaran dilaksanakan secara daring/
belajar dari rumah.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Memahami peran orang tua dalam
mendampingi anak belajar selama masa pandemi covid-19 di Desa Peniron. (2)
Mengetahui kendala-kendala yang dialami oleh orang tua selama mendampingi
anak belajar selama pandemi covid-19 di Desa Peniron.
Pendekatan penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan
kualitatif. Dalam penelitian ini terdiri dari 6 informan diantaranya: 3 orang tua dan
3 anak kelas IV. Dengan data yang diperoleh menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) peran
orang tua sebagai pendidik, pendorong (motivator), fasilitator, tauladan, dan
menjadi sosok teman di dukuh Silampeng sudah cukup baik. Melihat dari hasil
wawancara dengan beliau semua berjalan dengan lancar. (2) kendala yang dialami
oleh orang tua dalam mendampingi belajar selama masa pandemi covid-19 ialah
kurangnya pemahaman materi, jangkauan internet tidak stabil dan peengeluaran
kuota yang menambah, pembagian waktu yang sulit, pengoperasian gadget,
menumbuhkan minat belajar anak.
Kata Kunci :Peran, Orang tua, Belajar, pandemi covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: :Peran, Orang tua, Belajar, pandemi covid-19
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 08:00
Last Modified: 13 Oct 2021 08:00
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item
View Item