Implementasi E-learning dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa kelas VIII MTs Buluspesantren

Etika Nurjanah, NIM.17116206 (2021) Implementasi E-learning dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa kelas VIII MTs Buluspesantren. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (312kB)
[thumbnail of Skripsi BAB V] Text (Skripsi BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK
Etika Nurjanah, 17116206, Implementasi E-learning dalam Pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa kelas VIII MTs Buluspesantren. Skripsi.
Kebumen: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Agama Institut Islam Nahdlatul Ulama Kebumen, 2021.
Tujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui implementasi e-learning dalam
pembelajaran sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII di MTs
Buluspesantren. (2) Agar dapat diketahui kendala yang dihadapi dan ditemukan
solusi dalam implementasi e-learning pembelajaran sejarah kebudayaan Islam pada
siswa kelas VIII MTs Buluspesantren. (3) Memberikan solusi dari kendala
implemtasi e-learning dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam pada kelas
VIII MTs Buluspesantren
Penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs
Buluspesantren. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan
wawancara. Subyek dalam penelitian ini adalah Moh Nasikhudin S.Ag selaku
kepala madrasah, Tolib S.Ag selaku Wakil Madrasah bagian kurikulum, Chabib
Anhar, S.Ag, selaku guru Sejarah Kebudayaan Islam dan beberapa peserta didik
kelas VIII, kemudian dianalis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa selama ini
Implementasi E-learning dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam masih
belum maksimal dan banyak kendala yang dihadapi dalam implementasi e-learning
ini. Untuk mengatasi berbagai macam kendala yang menghambat, maka beberapa
upaya atau solusi diantaranya adalah mengizinkan peserta didik untuk datang ke
madrasah menggunakan komputer yang ada dengan catatan harus memenuhi
protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk
kedalam madrasah jika terjadi kendala pada jaringa internet seperti kuota dan
sinyal. Guru SKI sebaiknya memanfaatkan dan mengeksplor inovasi-inovasi e�learning seperti tutorial video pembelajaran, materi dalam format PPT, video,
gambar, atau rekaman suara supaya memudahkan peserta didik dalam memahami
pelajaran dan agar e-learning lebih menarik untuk diakses peserta didik.
Kata Kunci: Implementasi e-learning, Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi e-learning, Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:15
Last Modified: 13 Oct 2021 07:15
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item
View Item