Risqiana Fajrianingsih kurniati, NIM.17116222 (2021) 2. Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini di Pos PAUD Kasih Ibu Desa Tambakagung Kecamatan Klirong. Tujuan Penelitian ini adalah untuk. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB)
5. BAB V.pdf - Published Version
Download (264kB)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (283kB)
Abstract
ABSTRAK
Rizqiana Fajrianingsih Kurniati. 17116222. Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh
Terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini di Pos PAUD Kasih Ibu Desa
Tambakagung Kecamatan Klirong.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar anak usia dini di Pos PAUD Kasih
Ibu Desa Tambakagung Kecamatan Klirong. Penelitian ini berupa studi lapangan
dengan subjek penelitian sebanyak 40 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional.
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket/ kuesioner, studi
dokumenter dan observasi.
Adapun untuk uji validitas data angket dalam penelitian ini penulis
menggunakan validasi eksternal dengan rumus product moment dan uji reliabilitas
dilakukan dengan menggunakan rumus split half Spearman Brown. Sedangkan
pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai koefisien korelasi
antara pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar anak usia dini di Pos PAUD
Kasih Ibu Desa Tambakagung sebesar 0,166 atau 16,6 %. Apabila dibandingkan
dengan nilai rtabel product moment untuk N = 40 dengan taraf signifikan 5% yaitu
sebesar 0,312 dan taraf signifikan 1% yaitu sebesar 0,403, maka nilai rhitung < rtabel.
Selain itu, apabila dilakukan penafsiran terhadap tingkat hubungan koefisien
korelasi, maka nilai rhitung sebesar 0,166 berada pada interval 0,00 – 0,199 dan
termasuk dalam kategori sangat rendah. Hal ini berarti antara pembelajaran jarak
jauh dengan hasil belajar anak usia dini di Pos Paud Kasih Ibu Desa Tambakagung
memiliki tingkat hubungan yang sangat rendah sehingga dapat dikatakan
pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan tidak memberikan pengaruh terhadap
hasil belajar siswanya. Dari kedua perbandingan tersebut dapat diketahui bahwa
hipotesis nihil (HO) diterima dan hipotesis kerja (HA) ditolak. Artinya, tidak
terdapat pengaruh yang ditimbulkan oleh pembelajaran jarak jauh terhadap hasil
belajar anak usia dini di Pos PAUD Kasih Ibu Desa Tambakagung.
Kata Kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Hasil Belajar, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Jarak Jauh, Hasil Belajar, Anak Usia Dini |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 01:57 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 01:57 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/127 |