Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Bumirejo Kebumen Tahun Pelajaran 2020/2021, IAINU Kebumen Tahun Akademik 2021.

Lu'lu'azizah, NIM.17116214 and Imam Subarkah, M.Pd.,, NIDN.2129078202 (2021) Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Bumirejo Kebumen Tahun Pelajaran 2020/2021, IAINU Kebumen Tahun Akademik 2021. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
6. BAB V .pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar Pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB)

Abstract

ABSTRAK
LU’LU ‘AZIZAH. 17116214. Efektivitas Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam pada Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Bumirejo Kebumen Tahun
Pelajaran 2020/2021, IAINU Kebumen Tahun Akademik 2021.
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembelajaran Pendidikan
Agama Islam yang efektif guna meningkatkan efektivitas pembelajaran
Pendidikan Agama Islam yang baik.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 4 Bumirejo Kebumen Tahun Pelajaran
2020/2021. (2) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama
Islam pada Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Bumirejo Kebumen Tahun Pelajaran
2020/2021.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain
penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa data dari hasil observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan teknik
analisis kualitatif. Untuk memperoleh keabsahan data dengan menggunakan
teknik triangulasi.
Hasil penelitian menemukan bahwa: a) Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam pada Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Bumirejo Kebumen dilaksanakan
melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga tahapan
itu semuanya berjalan dengan baik. b) efektivitas pembelajaran Pendidikan
Agama Islam pada Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Bumirejo Kebumen sudah
efektif. Hal ini dibuktikan dengan beberapa indikator pembelajaran efektif, yaitu
pengorganisasian materi yang baik, komunikasi yang efektif, penguasaan dan
antusiasme terhadap materi pelajaran, serta sikap positif terhadap siswa.
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Efektivitas, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 01:49
Last Modified: 13 Oct 2021 01:49
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item
View Item