PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VIII A MTs NEGERI 8 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Sri Purwaningsih, NIM.17116252 and Dr. Slamet Mujiono, S.Ag.,M.Hum, NIDN.2107076601 (2021) PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VIII A MTs NEGERI 8 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. SKRIPSI SRI (BAGIAN AWAL) FIX.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. SKRIPSI SRI (BAB I) FIX.pdf - Published Version

Download (431kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
6. SKRIPSI SRI (BAB V) FIX.pdf - Published Version

Download (304kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar Pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar Pustaka)
7. SKRIPSI SRI (DAFTAR PUSTAKA) FIX.pdf - Published Version

Download (237kB)

Abstract

ABSTRAK
Sri Purwasih (17116252). Pembelajaran Al Qur’an Hadits pada Masa Pandemi
Covid-19 di Kelas VIII A MTs Negeri 8 Kebumen Tahun Pelajaran 2020/ 2021.
Pandemi covid-19 memberikan dampak besar dalam kehidupan masyarakat,
salah satunya aspek pendidikan. Penelitian ini didasari dengan adanya kebijakan
pemerintah tentang pelaksanaan pembelajaran yaitu beralihnya pembelajaran tatap
muka menjadi pembelajaran daring atau luring.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Al Qur’an
Hadits, prestasi belajar Al Qur’an Hadits, dampak psikologi pembelajaran Al
Qur’an Hadits pada masa pandemi covid-19 di kelas VIII A MTs Negeri 8
Kebumen tahun pelajaran 2020/ 2021.
Guna mengungkap penelitian ini maka dilakukan penelitian lapangan
(kualitatif) dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan temuan penelitian bahwa pembelajaran Al Qur’an Hadits
terlaksana dengan baik ditunjukkan dengan guru sudah membuat perencanaan
sebelum pelaksanaan pembelajaran. Prestasi belajar siswa cukup baik terlihat dari
nilai rata-rata mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) melalui penilaian
akhir tahun (PAT), keterampilan, dan tugas harian. Dampak psikologis siswa
terhadap pembelajaran daring cukup beragam. Pembelajaran daring memiliki
fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mendorong guru untuk kreatif, siswa
dituntut untuk mandiri dan termotivasi untuk aktif belajar. Namun, ada kendala
yang dihadapi siswa yaitu tidak stabilnya jaringan internet dan kesulitan dalam
memahami materi.
Kata Kunci : Pembelajaran Al Qur’an Hadits, Masa Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al Qur’an Hadits, Masa Pandemi Covid-19
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:59
Last Modified: 12 Oct 2021 03:59
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item
View Item