MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Faizal Hasan Arrofiq, NIM.1713082 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi MPI Cover] Text (Skripsi MPI Cover)
1. HALAMAN AWAL.pdf - Published Version

Download (802kB)
[thumbnail of Skripsi MPI BAB I] Text (Skripsi MPI BAB I)
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (255kB)
[thumbnail of Skripsi MPI BAB V] Text (Skripsi MPI BAB V)
6. BAB V PENUTUP DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB)

Abstract

ABSTRAK
Faizal Hasan Arrofiq. 1713082. Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi
COVID-19 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMK Ma’arif 4
Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022.
SMK Ma’arif 4 Kebumen merupakan salah satu sekolah swasta yang
berada di Kota Kebumen. Dengan adanya pandemi COVID-19 pembelajaran di
sekolah mengalami beberapa perubahan, dimana pembelajaran yang pada awal
mulanya dilakukan secara tatap muka didalam kelas, dengan adanya pandemi
COVID 19 pembelajaran tersebut dirubah menjadi pembelajaran jarak jauh yang
menggunakan media internet. Dengan adanya hal tersebut, proses manajemen
pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 juga dirubah untuk menyesuaikan
kondisi pada masa pandemi COVID-19 ini, begitupun juga hal tersebut terjadi di
SMK Ma’arif 4 Kebumen.
Penelitian ini merupakan salah satu penelitian deskriptif kualitatif yang
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan
datanya. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala jurusan, waka
kurikulum, wali kelas atau guru, dan peserta didik. Teknik dalam pengolahan data
kualitatif dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan dari analisis data yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Perencanaan
pembelajaran di SMK Ma’arif 4 Kebumen pada masa pandemi COVID-19
meliputi penyusunan silabus, RPP, progam semester, progam tahunan, penyiapan
modul dan buku-buku, penyiapan aplikasi pembelajaran, pembagian jadwal guru,
penyiapan peralatan untuk praktek untuk progam kejuruan, dan juga sosialisasi
yang membahas perencanaan penggunaan media dan model pelaksanaan
pembelajaran ke depannya. (2) Pelaksanaan pembelajaran di SMK Ma’arif 4
Kebumen pada masa pandemi COVID-19 menggunakan 2 sistem yang saling
berhubungan yaitu sistem pembelajaran jarak jauh atau PJJ dan juga sistem tatap
muka terbatas dengan terjadwal. (3) Untuk evaluasi pembelajaran di SMK Ma’arif
4 Kebumen menggunakan sistem tes dan non tes yang mengacu pada buku
panduan penilaian evaluasi pendidikan yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan
dan Kebudayaan.
Pelaksanaan evaluasi pembelajaran seperti ulangan harian yaitu
menggunakan aplikasi atau website Schoology yang dilakukan secara daring.
Sedangkan untuk evaluasi seperti penilaian tengah semester, penilaian akhir
semester, penilaian akhir tahun, dan juga ujian sekolah ini dilakukan
menggunakan media kertas yang dikerjakan di rumah masing-masing.
Kata Kunci : Manajemen pembelajaran, pandemi COVID-19, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran, pandemi COVID-19, hasil belajar siswa.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 02:06
Last Modified: 12 Oct 2021 02:06
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item
View Item