Penerapan Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa MI Ma’arif Surotrunan

Bibit Laeli Febriani, NIM. 1912886 and Nurhidayah, M.Pd., NIDN. 2112105601 (2023) Penerapan Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa MI Ma’arif Surotrunan. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (767kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (291kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (322kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (109kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (46kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (330kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah: 1) Meningkatkan Iman dan Taqwa serta sikap dan budi pekerti luhur dalam kehidupan sehari-hari. 2) Mengembangkan kedisiplinan dari seluruh komponen madrasah (stake-holder) untuk membentuk kepribadian yang tangguh dan karakter yang kuat sebagai dasar dalam setiap aktivitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas 3B, wali kelas 3 B, dan kepala madrasah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi data. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah: Berdasarkan temuan hasil penelitian dan pembahasan mengenai penerapan metode multisensori untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 3B di MI Maarif Surotrunan maka diajukan kesimpulan sebagai berikut: 1)Tahap observasi 2)Tes kemampuan peserta didik untuk mengetahui sejauh mana keterampilan membaca siswa. Peserta didik diminta membaca dongeng di depan kelas dengan suara nyaring dan memperhatikan intonasi serta tanda baca. 3)Tahap persiapan sebelum menerapkan langkah metode multisensori, 4) tahap penerapan multisensori. Adapun hasil peneltian yang kedua yaitu sebelum menerapkan metode multisensori hasil tes membaca menunjukkan bahwa 32 siswa sudah baik dalam membaca dan 4 siswa belum cukup mampu membaca dengan baik. Setelah peneliti menerapkan metode multisensori, peneliti melakukan tes ulang membaca dongeng 34 siswa dapat membaca dengan lebih baik sedangkan dua siswa lainnya masih membutuhkan latihan membaca lebih intens.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Nurhidayah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: multisensori, keterampilan membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2024 01:53
Last Modified: 27 Jul 2024 01:53
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1162

Actions (login required)

View Item
View Item