Internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 4 Kedawung

Fajar Puji Lestari, NIM. 19116725 and Fibriyan Irodati, M.Pd.I., NIDN. 2120029101 (2023) Internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 4 Kedawung. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (829kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (386kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 4 Kedawung; (2) untuk mengetahui faktor faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 4 Kedawung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Peserta didik yang diteliti adalah kelas IV B SD Negeri 4 Kedawung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan pembelajaran PAI. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) internalisasi nilai akhlak dalam pembelajaran PAI dilakukan di kelas dan di sekolah. Internalisasi nilai akhlak di kelas melalui tahap transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Internalisasi nilai akhlak di sekolah melalui metode keteladanan, pengajaran, pembiasaan, pemberian hadiah, dan ancaman. (2) faktor pendukung yaitu dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah, meliputi persiapan pembelajaran, kelengkapan sarana prasarana, ketercukupan tenaga pendidik, ketersediaan guru pembantu, dan antusiasme peserta didik. Faktor penghambat meliputi penggunaan media sosial yang salah, pengaruh pergaulan bebas, tidak dibarenginya penanaman nilai akhlak di rumah, kurangnya guru pendamping atau pengajar pembiasaan, kondisi peserta didik yang tidak mendukung.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing :Fibriyan Irodati, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai Akhlak, Pembelajaran PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:14
Last Modified: 12 Jun 2024 03:14
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item
View Item