Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an pada Siswa Kelas IV MI Takhassus Ma’arif NU Prapagkidul Purworejo

Mushochichul Chasanah, NIM. 1812858 and Nur Hidayah, M.Pd., NIDN. 2101068201 and Nadia Raifah Nawa Kartika, M.Pd., NIDN. 2122019103 (2022) Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an pada Siswa Kelas IV MI Takhassus Ma’arif NU Prapagkidul Purworejo. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (303kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (255kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (242kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi pembelajaran tahfidz pada siswa kelas IV MI Takhassus Ma’arif NU Prapagkidul, (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam proses menghafal Al Qur’an pada siswa kelas IV MI Takhassus Ma’arif NU Prapagkidul Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan wawancara. Data analisis menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Pelaksanaan pembelajaran tahfidz khususnya di kelas IV MI Takhassus Ma’arif NU Prapagkidul telah dilaksanakan sesuai dengan program yang telah ditentukan: a) Perencanaan: Adanya jadwal pelaksanaan pembelajaran tahfidz. b) Pelaksanaan: Pembelajaran tahfidz dilaksanakan setiap hari senin-jum’at mulai pukul 07.30 09.00 yang mana sebelum pembelajaran dimulai didahului mengerjakan shalat dhuha berjama’ah dan pembacaan asmaul husna. c) Monitoring: Pembelajaran tahfidz terkoordinir, didampingi guru kelas, ada buku pantauan tahfidz. d) Evaluasi: Dengan buku pantauan tahfidz dan pengetesan capaian hafalan siswa. (2) Faktor pendukung: a) Bakat dan minat, b) Usia, c) Intelegensi. Faktor penghambat: a) Rasa malas, b) Kesulitan mengatur waktu, c) Lupa. Secara keseluruhan, pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al Qur’an di kelas IV MI Takhassus Ma’arif NU Prapagkidul Purworejo sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing 1 : Nur Hidayah, M.Pd. Pembimbing 2 : Nadia Raifah Nawa Kartika, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Tahfidz, Al Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:22
Last Modified: 10 Jun 2024 03:22
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item
View Item