Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Kelas VII di MTs N Kebumen

Syukur Riyadin, NIM. 18116431 (2022) Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Kelas VII di MTs N Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (737kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (666kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (396kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (971kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (355kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis tentang internalisasi nilai nilai moderasi beragama dalam pembelajaran kelas VII di MTs N 1 Kebumen dengan fokus penelitian yakni bagaimana transinformasi, transaksi, dan transinternalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) bentuk transinformasi nilai moderasi beragama dalam pembelajaran kelas VII di MTs N 1 Kebumen dilakukan dengan tiga bentuk yaitu: intrakurikuler, ektrakurikuler, dan kokurikuler. Adapun nilai moderasi beragama yang diinternalisasikan dalam pembelajaran yakni nilai nasionalisme, toleransi, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal. (2) Proses interaksi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran kelas VII di MTs N 1 Kebumen dilakukan melalui: (3) Proses transinternalisasi milai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran kelas VII di MTs N 1 Kebumen yaitu: pengenalan, pembiasaan, keteladanan, dan pengamalan. (4) Faktor hambatan internalisasi nilai nilai moderasi bergama dalam pembelajaran kelas VII di MTs N 1 Kebumen yaitu Solusinya.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing 1 : Fikria Najitama, M.Si. Pembimbing 2 : Maesaroh, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai-nilai Moderasi Beragama,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 May 2024 05:51
Last Modified: 19 May 2024 05:51
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1144

Actions (login required)

View Item
View Item