Implementasi Pembelajaran Kitab Al Miftah Lil Ulum dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Raudlotul Ulum Karang Tanjung Kebumen

Alfiyah Nur Azizah, NIM. 19116646 and Faisal, M.Ag., NIDN. 2113027001 (2023) Implementasi Pembelajaran Kitab Al Miftah Lil Ulum dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Raudlotul Ulum Karang Tanjung Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (633kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (253kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (280kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (108kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah: (1) Mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran kitab Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning pasa santri putri pondok pesantren Raudlotul ulum kebumen. (2). Mendeskripsikan bagaimana kendala pembelajaran pembelajaran kitab Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning pada santri putri Pondok Pesantren Raudlotul Ulum kebumen Penelitian ini berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data-data yang terkumpul di analisiskan dan diinterpretasikan dalam bentuk yang singkat dan jelas sehingga mudah di pahami dan di simpulkan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapaun subyek penelitian untuk memperoleh data atau fakta dalam penelitian yaitu (1) lurah pondok pesantren, (2) ustadzah pondok pesantren, (3) Santri pondok pesantren. Berdasarkan hasil penelitian Implementasi pembelajaran kitab Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di pondok pesantren Raudlotul Ulum karang tanjung sebagai berikut: (1) Bagaimana Implementasi pembelajaran kitab Al-Miftah Lil Ulum. Implementasi pembelajaran kitab Al-Miftah sudah sesuai dengan apa yang terdapat didalam kitab Al-Miftah Lil Ulum yaitu pembukaan, apersepsi, penyampaian materi, pemahaman materi, latihan,evaluasi serta penutup. (2) kendala-kendala dalam pembelajaran kitab Al-Miftah Lil Ulum di Pondok Pesantren Raudlotul Ulum Kebumen. Peneliti menemukan faktor yang mempengaruhi dalam implementasi pembelajaran kitab Al-Miftah lil Ulum. Faktor penghambat ada dua yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu motivasi, minat, karakteristik santri yang berbeda-beda. Faktor eksternal yaitu, keluarga, perhatian orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Faisal, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, kitab Al-Miftah Lil Ulum, Pondok Pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 May 2024 03:27
Last Modified: 07 May 2024 03:27
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item
View Item