Peran Guru TPQ Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran Anak di TPQ Al-Hikmah Desa Sitiadi Kecamatan Puring

Ahmad Zuhrul Umam, NIM. 19116679 and Nadia Raifah Nawa Kartika, M.Pd., NIDN. 2122019103 (2023) Peran Guru TPQ Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran Anak di TPQ Al-Hikmah Desa Sitiadi Kecamatan Puring. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (565kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (317kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (564kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (108kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang di turunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan malaikat Jibril, yang merupakan mukjizat, yang diriwayatkan secara mutawatir, yang ditulis di mushaf dan membacanya dinilai sebagai ibadah. Membaca merupakan cara yang paling efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman seseorang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an anak dan faktor pendukung serta faktor penghambat di TPQ Al-Hikmah Desa Sitiadi Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian deskriptif
kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Subjek dari penelitian ini yaitu santri dan guru. Teknik pengelolaan data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dari analisis data yang diperoleh Hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa 1) peran guru TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran yaitu guru sebagai pengelola kelas yang dibuktikan dengan guru mengkondisikan para santri di dalam kelas dari awal sampai akhir pembelajaran. 2) peran guru TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran yaitu guru sebagai demonstrator dibuktikan pada kegiatan pemberian materi tambahan yaitu hafalan bacaan-bacaan sholat. 3) peran guru TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran yaitu guru sebagai pelatih dibuktikan pada kegiatan pembelajaran menggunakan metode drill dalam penyampaian materi serta pelaksanaan pembelajarannya. 4) peran guru TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran yaitu guru sebagai evaluator dibuktikan dengan penliaian kefasihan dan kelancaran membaca Al-Quran para santri. Peran Guru, Kualitas Membaca Al-Quran

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Nadia Raifah Nawa Kartika, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kualitas Membaca Al-Quran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 May 2024 03:07
Last Modified: 07 May 2024 03:07
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item
View Item