Partisipasi Guru Dalam Peningkatan Kecerdasan Sosial Peserta Didik Kelas VB MI Ma‟arif Suroturunan Tahun Ajaran 2022/2023

Laeli Parwati, NIM. 1912870 and Oky Risstya Trisnawati, M.Pd., 2106109102 (2023) Partisipasi Guru Dalam Peningkatan Kecerdasan Sosial Peserta Didik Kelas VB MI Ma‟arif Suroturunan Tahun Ajaran 2022/2023. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (542kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (182kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB)

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menyukseskan pendidikan, pendidikan jauh dari kata kesuksesan tanpa kehadiran seorang guru. Oleh karena itu, agar tercapainya tujuan pendidikan perlu adanya guru yang memiliki kemampuan dibidangnya. Dengan adanya kemampuan, seorang guru mampu mengelola proses pembelajaran dengan maksimal. Al Qur‟an telah menjelaskan bahwa guru juga sosok yang menjadi panutan, teladan bagi peserta didik, maupun masyarakat. Sehingga dengan adanya kemampuan guru mampu mengembangkan segala potensi yang ada dalam diri peserta didik, terutama sekali sikap sosial serta mampu menerapkan sikap sosial yang baik bagi lingkungannya sesuai dengan ajaran Islam. Namun pada kenyataanya, minimnya sikap sosial yang ada di MI Ma‟arif Surotrunan terdapat siswa yang kurang mampu bergaul sesama temannya ditandai dengan kesulitan dalam pergaulan seperti rendah diri dan minimnya rasa tanggung jawab sosial untuk saling peduli dan saling berbagi. Dengan adanya hal tersebut, peneliti ingin melaksanakan penelitian dengan pertanyaan bagaimana partisipasi yang dilakukan oleh guru kelas VB dalam meningkatkan sikap sosial dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kecerdasan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menemukan hasil penelitian bahwa kurangnya sikap sosial siswa dikarenakan kurangnya kesadaran diri mereka, keterbatasan waktu yang dimiliki dan lingkungan yang mereka tempati, serta tidak stabilnya kondisi emosi anak yang terkadang naik turun. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan (afektif, kognitif dan psikomorik) seorang guru dalam mengajar sangat mempengaruhi suksesnya pendidikan, dengan adanya kemampuan, guru mampu menciptakan peserta didik menjadi insan kamil yang berguna bagi bangsa dan negara, serta memiliki sikap sosial yang patut diteladani dalam masyarakat sekitarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Oky Ristya Trisnawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: partisipasi guru, peningkatan kecerdasan sosial peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:23
Last Modified: 25 Apr 2024 03:23
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item
View Item