Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pai Di Smp N 2 Kutowinangun

Dava Yazid Mubarok, NIM. 19116607 and Fibriyan Irodati, M.Pd.I., 2120029101 (2023) Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pai Di Smp N 2 Kutowinangun. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (914kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (335kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (291kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (267kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (885kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (251kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, (1) untuk memperoleh gambaran penerapan aplikasi quizizz dalam pembelajaran mata pelajaran PAI pada kelas VII A di SMP N 2 Kutowinangun (2) untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan aplikasi quizizz dalam pembelajaran mata pelajaran PAI pada kelas VII A di SMP N 2 Kutowinagun. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan penggambaran masalah yang sistematis sesuai dengan fakta-fakta di lapangan. Subjek pada penelitian ini diantaranya kepala sekolah SMP N 2 Kutowinangun, guru PAI kelas VII A beserta beberapa siswa kelas VII A sejumlah 5 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berdasarkan observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) penerapan aplikasi quizizz dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di kelas VII A SMP N 2 Kutowinangun: (a) Perencanaan : pertama guru membuat silabus, prota, promes, dan RPP atau modul ajar. Dalam modul ajar guru menyiapkan bahan yang di butuhkan dalam penggunaan media quizizz dan menyiapkan materi atau soal-soal kuis yang di masukkan ke aplikasi quizizz. mendownload aplikasi quizizz atau masuk ke website quizizz. (b) penerapan : langkah pertama adalah memberikan salam kepada siswa, menyiapkan platform quizizz, dan menginspirasi siswa sebelum memulai pelajaran, langkah kedua membuka aplikasi quizizz atau mengakses situs web quizizz, guru menyiapkan materi mengenai Asmaul Husna beserta kumpulan pertanyaan yang telah dibuat melalui aplikasi quizizz. Guru juga membagikan kode akses quizizz kepada siswa untuk memulai pembelajaran. langkah ketiga adalah guru menjelaskan materi mengenai Asmaul Husna dan memberikan kesempatan kepada siswa yang mungkin tidak memahami materi tersebut untuk mengajukan pertanyaan. (2) faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan aplikasi quizizz di kelas VII A SMP N 2 Kutowinangun (1) faktor pendukung : Pertama, aplikasi quizizz dapat diunduh secara gratis atau mudah diakses. Kedua, terdapat dukungan langsung dari kepala sekolah. Terakhir, fasilitas yang tersedia di SMP N 2 Kutowinangun dianggap memadai.(b) faktor penghambat: Pertama, mayoritas siswa memiliki apasitas penyimpanan yang terbatas, sehingga hal ini berdampak pada efektivitas penggunaan aplikasi quizizz. Kedua, dari perspektif guru, waktu yang terbatas menjadi kendala dalam menyiapkan pembelajaran, termasuk pembuatan soal dan pengeditan tampilan. Terakhir, kesulitan akses internet di daerah tempat tinggal guru juga menjadi faktor penghambat dalam mengadopsi aplikasi quizizz.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Fibriyan Irodati, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi quizizz, Pembelajaran, Mata Pelajaran PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:00
Last Modified: 25 Apr 2024 03:00
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item
View Item