Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Siswa Kelas VIII Tahun Ajaran 2022/2023 Melalui Metode Tikrar Di SMPIT Arrisalah Kebumen

Faizah, NIM. 18116552 and Dr. Eliyanto, M.Pd.I., 2108058801 (2024) Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Siswa Kelas VIII Tahun Ajaran 2022/2023 Melalui Metode Tikrar Di SMPIT Arrisalah Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (486kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (206kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (550kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Updated Version

Download (240kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal siswa kelas VIII Tahun Ajaran 2022/2023 di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Arrisalah Kebumen melalui metode Tikrar dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam upaya meningkatkan kemampuan menghafal Al Qur’an siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Arrisalah Kebumen. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas. Siswa yang diteliti adalah siswa kelas VIII SMPIT Arrisalah Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023 sejumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan data pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan metode tikrar dan hasil belajar berupa hasil evaluasi tes praktik pada siklus Idan siklu II. Teknik Analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menggunakan metode menghafal tikrar nilai ketuntasan pada pengembagan diri tahfidz meningkat. Didalam pra tindakan diperoleh 23 siswa (77%) yang tuntas hasil belajar dan 7 siswa (23%) yang belum tuntas. Di siklus I terjadi peningkatan nilai sebanyak 26 siswa (86%) yang tuntas belajar dan 4 siswa ( 14%) yang belum tuntas. Pada siklus II diperoleh peningkatan sejumlah 29 siswa ( 96,5%) yang tuntas hasil belajar dan 1 siswa (3,5%) yang belum tuntas. Selain itu hambatan yang dihadapi guru dalam upaya meningkatkan hafalan siswa kelas VIII SMPIT Arrisalah Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023 adalah a) Kurang lancarnya bacaan Al-Qur’an peserta didik yang tidak sesuai tajwid dan makhrojnya, b) Kurangnya kemampuan dalam mengingat hafalan Al-Qur’an, c) Kurang semangat peserta didik dalam proses pembelajaran tahfidz, d) Siswa kurang sabar dalam menghafal Al-Qur’an surah Al-Mulk ayat 13-26, e) Siswa kurang bersunguh- sungguh dalam menghafal Al Qur’an surah Al-Mulk ayat 13-26. Jadi dapat disimpulkan melalui metode tikrar dapat meningkatkan kemampuan menghafal siswa kelas VIII di SMPIT Arrisalah Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eliyanto, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: metode tikrar, kemampuan menghafal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:46
Last Modified: 25 Apr 2024 02:46
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item
View Item