Abdi Rosuli, NIM. 19116718 and Fuad Hasyim, M.Pd.I., 2126028801 (2023) Implementasi Metode Pembiasaan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMK Ma’arif 6 Ayah. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (580kB)
2. BAB I .pdf - Published Version
Download (178kB)
3. BAB II .pdf - Published Version
Download (337kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (175kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (161kB)
7. DATAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB)
Abstract
Tujuan penelitian adalah : (1) untuk menganalisis implementasi metode pembiasaan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SMK Ma’arif 6 Ayah; (2) untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi metode pembiasaan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SMK Ma’arif 6 Ayah. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TAV 1 di SMK Ma’arif 6 Ayah Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian tentang implementasi metode pembiasaan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SMK Ma’arif 6 Ayah yaitu : (1) Pembiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), (2) Pembiasaan bersikap disiplin, (3) Pembiasaan bersikap bertanggung jawab, (4) Pembiasaan hidup bersih dan sehat, (5) Pembiasaan Jujur, (6) Pembiasaan Pembacaan Al Quran, (7) Pembiasaan sholat dhuha berjamaah,(8) Pembiasaan Pembiasaan sholat dhuhur berjamaah, (9) Pembiasaan Pembacaan surah Al-Waqiah, (10) Pembiasaan pembacaan surah Al-Mulk, (11) Pembiasaan pembacaan surah Ar-Rahman, (12) Pembiasaan Yasin, Tahlil, dan Infaq, (13) Pembiasaan pembacaan Asmaul Husna. Kegiatan pembiasaan tersebut dilaksanakan pada jam pertama pembelajaran yakni pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan kepada siswa antara lain kejujuran, tanggung jawab, peduli lingkungan, kedisiplinan, dan religius. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan implementasi metode pembiasaan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SMK Ma’arif 6 Ayah yaitu : (1) Fasilitas mencukupi; (2) Sarana dan prasarana memadai; (3) Siswa disiplin mengikuti kegiatan pembiasaan; dan (4) Peran serta guru mapel jam pertama dalam membimbing siswa di kelas; (5) SDM Guru PAI yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah (1) Masih banyak siswa yang belum bisa membaca Al Qur'an; (2) Banyak siswa yang merasa asing dengan Shalat Dhuha; (3) Latar belakang siswa yang berbeda beda; (4) Lingkungan yang tidak agamis; (5) Kurangnya Kesadaran Siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Fuad Hasyim, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Pembiasaan, Karakter Religius |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 30 Mar 2024 03:19 |
Last Modified: | 30 Mar 2024 03:19 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1122 |