Strategi Pemasaran Pondok Pesantren Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan Kebumen Dalam Meningkatkan Jumlah Santri

Tri Adi Wibowo, NIM. 1913186 and Bahrun Ali Murtopo, M.Pd., 2116058201 (2023) Strategi Pemasaran Pondok Pesantren Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan Kebumen Dalam Meningkatkan Jumlah Santri. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (592kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (516kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (246kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (240kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (456kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pondok Pesantren Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan Kebumen dalam meningkatkan jumlah santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian yakni pengasuh pondok pesantren, pengurus pondok pesantren, walisantri, alumni dan seluruh pihak yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini yang menjadi narasumber adalah pengasuh pondok pesantren, pengurus pondok pesantren, walisantri, alumni dan seluruh pihak yang yang berhubungan dengan penelitian. Teknik analisis datanya menggunakan data analisis kualitatif seperti reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan Kebumen menentukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan agar tercapainya tujuan yang efektif dan efisien. Hasil strategi pemasaran Pondok Pesantren Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan Kebumen yaitu meningkatnya minat dan jumlah santri setiap tahun dan semakin dikenal oleh seluruh masyarakat baik dari masyarakat lokal, masyarakat luar Kebumen bahkan sampai ke luar Jawa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Bahrun Ali Murtopo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pondok Pesantren
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:57
Last Modified: 21 Mar 2024 03:57
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item
View Item