STUDI KORELATIF PENGALAMAN GURU MENGIKUTI DIKLAT TERHADAP KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS DI MTs NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN 2021

Umi Riyanti, NIM.17116310 and Imam Subarkah, M.Pd.I, NIDN.2129078202 (2021) STUDI KORELATIF PENGALAMAN GURU MENGIKUTI DIKLAT TERHADAP KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS DI MTs NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN 2021. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
BAGIAN AWAL (1).pdf - Published Version

Download (751kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (314kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Bagian akhir] Text (Skripsi PAI Bagian akhir)
BAGIAN AKHIR.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Skripsi ini disusun oleh Umi Riyanti (17116310), dengan judul ―Studi
Korelatif Pengalaman Guru Mengikuti Diklat Terhadap Kemampuan
Pengelolaan Kelas di MTs Negeri 1 Kebumen”.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengalaman guru MTs Negeri
1 setelah mengikuti diklat (2) mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan
kelas di MTs Negeri 1 Kebumen (3) mengetahui apakah ada korelasi pengalaman
guru mengikuti diklat terhadap kemampuan pengelolaan kelas di MTs Negeri 1
Kebumen.
Penelitian ini berupa penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Penelitian
ini merupakan penelitian populasi karena responden hanya berjumlah 40 orang.
Penelitian dilakukan di MTs Negeri 1 Kebumen. Populasi penelitian ini adalah
guru MTs Negeri 1 Kebumen yang berjumlah 40. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode kuesioner, teknik analisis data menggunakan korelasi.
Analisa data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Teknik analisis data
yang digunakan adalah penyajian data, analisis korelasi product moment.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengalaman guru MTs
Negeri 1 Kebumen mengikuti diklat termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat
dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 25,82 yaitu pada interval
24-28. (2) Pengelolaan Kelas di MTs Negeri 1 Kebumen termasuk dalam kategori
baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean
34,1yaitu pada interval 32-37. (3) Hasil penelitian ini menunjukkan ada korelasi
pengalaman guru mengikuti diklat dengan kemampuan pengelolaan kelas di MTs
Negeri 1 Kebumen yang positif dan signifikan sebesar 0,429. Karena r hitung
(rxy= 0,429) lebih besar dari pada rtabel baik pada sigifikasi 5% maupun pada taraf
signifikansi 1%.
Kata kunci: Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Pengelolaan Kelas

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Pengelolaan Kelas
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:25
Last Modified: 11 Oct 2021 04:25
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item
View Item