PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS III DI SD NEGERI BANJARSARI

Chofifah Ma'ruf, NIM.1712792 and Nurhidayah, M.Pd, NIDN.2101068201 (2021) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS III DI SD NEGERI BANJARSARI. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PGMi Cover] Text (Skripsi PGMi Cover)
BAGIAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (524kB)
[thumbnail of Skripsi PGMI BAB I] Text (Skripsi PGMI BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (278kB)
[thumbnail of Skripsi PGMi BAB V] Text (Skripsi PGMi BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (179kB)

Abstract

ABSTRAK
Chofifah Ma’ruf. 1712792. Pemanfaatan Media Audio Visual Pembelajaran
Jarak Jauh Kelas III di SD Negeri Banjarsari. Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk
mengetahui proses pembelajaran jarak jauh kelas III di SD Negeri Banjarsari; (2)
untuk mengetahui manfaat media audio visual pada pembelajaran jarak jauh kelas
III di SD Negeri Banjarsari.
Penggunaan media pembelajaran yang sesuai akan membuat proses belajar
menjadi lebih menarik, contohnya pemanfaatan media audio visual berupa video
pada pembelajaran jarak jauh. Seperti pendapat Levie dan levie yang menyatakan
bahwa stimulus visual membuahkan hasil belajar yang lebih baik untuk tugas�tugas seperti mengingat, mengenali, mengingat kembali, dan menghubung�hubungkan fakta dan konsep. Pendapat tersebut merupakan dukungan terhadap
sebuah konsep dual coding hypothesis (hipotesis koding ganda) dari Paivio yang
menyatakan bahwa ada dua sistem ingatan manusia, satu untuk mengolah simbol�simbol verbal kemudian menyimpanya dalam bentuk proposisi image, dan yang
lainya untuk mengolah image nonverbal yang kemudian disimpan dalam bentuk
proposisi verbal. Belajar dengan menggunakan indera ganda –pandang dan
dengar- berdasarkan konsep tersebut peserta didik akan belajar lebih banyak
daripada materi yang disajikan dengan stimulus pandang atau hanya stimulus
dengar saja.
Penelitian ini berupa Penelitian Kualitatif. Siswa yang diteliti adalah siswa
kelas III SD Negeri Banjarsari sejumlah 11 siswa. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
induktif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) proses
pembelajaran jarak jauh selama ini dilaksanakan melalui handphone dengan
aplikasi whatsapp group dan zoom meeting menggunakan media visual, audio,
audio visual, dan cetak (buku panduan dan LKS). (2) Pemanfaatan media audio
visual di kelas III berupa video digunakan pada pembelajaran daring melalui
whatsApp group pada mupel Matematika, Sbdp dan IPA. Proses pembelajaran ini
terdapat faktor pendukungnya yaitu adanya handphone, adanya grup whatsApp
dan adanya akses internet yang bagus, sedangkan faktor penghambatnya adalah
kurang familiarnya orang tua terhadap handphone dan kehabisan kuota internet.
Kata kunci: Media Audio Visual, Pembelajaran Jarak Jauh

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:26
Last Modified: 11 Oct 2021 03:26
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/108

Actions (login required)

View Item
View Item