Pembentukan Karakter Siswa melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Purwoharjo Tahun Pelajaran 2023/2024

Laely Nur Rohmah, 19116662 and Bahrun Ali Murtopo, M.Pd., 2116058201 (2023) Pembentukan Karakter Siswa melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Purwoharjo Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (414kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (309kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (257kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui apa saja strategi yang digunakan dalam pembentukan karakter siswa pada pembelajaran PAI melalui penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 1 Purwoharjo. (2) Mengetahui apa saja kendala yang dihadapi saat penerapan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Purwoharjo. Penelitian ini berupa penelitian dengan metode kualitatif. Siswa yang diteliti yaitu siswa kelas 1 dan kelas 4 SD Negeri 1 Purwoharjo. Alasan peneliti memilih kelas 1 dan kelas 4, karena kelas 1 dan kelas 4 adalah kelas yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Sedangkan yang menerapkan pembelajaran Penguatan Profil Pelajar Pancasila hanya terdapat pada Kurikulum Merdeka. Informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, kepala sekolah, guru PAI, siswa SD N 1 Purwoharjo. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Dalam pengecekan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) implementasi Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran PAI di SD N 1 Purwoharjo melalui penerapan pembiasaan-pembiasaan sesuai dengan indikator Profil Pelajar Pancasila seperti: sholat jama’ah, membaca asmaul husna, membaca Al Qur’an sebelum pembelajaran dimulai, dan kegiatan pendukung lainnya. Selain pembiasaan yang dilakukan di sekolah, guru PAI SD N 1 Purwoharjo juga berupaya melibatkan masyarakat sekitar untuk membentuk karakter siswa melalui pembiasaan yang dilaksanakan bersama antara siswa dan masyarakat sekitar di masjid sekitar sekolah, seperti melaksanakan peringatan Isro Mi’roj dan peringatan hari besar islam lainnya. Upaya-upaya ini dilakukan untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Bahrun Ali Murtopo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:44
Last Modified: 10 Jan 2024 02:44
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1072

Actions (login required)

View Item
View Item