STRATEGI MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS INDUSTRI DI SMK MA’ARIF 2 GOMBONG

Gunadi, NIM.1713083 and H. Agus Salim Chamidi, M.Pd.I., NIDN.2102026601 (2021) STRATEGI MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS INDUSTRI DI SMK MA’ARIF 2 GOMBONG. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi MPI Cover] Text (Skripsi MPI Cover)
1. Bagian Awal.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi MPI BAB I] Text (Skripsi MPI BAB I)
2. Bab 1.pdf - Published Version

Download (357kB)
[thumbnail of Skripsi MPI BAB V] Text (Skripsi MPI BAB V)
6. Bab 5.pdf - Published Version

Download (250kB)
[thumbnail of Skripsi MPI Daftar Pustaka] Text (Skripsi MPI Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (197kB)

Abstract

ABSTRAK
Gunadi, 1713083. Strategi Manajemen Kurikulum Berbasis Industri di
SMK Ma’arif 2 Gombong.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan pemerintah melalui
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang telah
mencanangkan Program Merdeka Belajar di mana pemerintah memberikan
kemerdekaan pada SMK untuk mengisi kurikulum yang lebih "menikah" dengan
industri. Sehingga SMK harus memiliki berbagai terobosan terkait kurikulum
berbasis industri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen
kurikulum berbasis industri dan strategi apa yang diambil dalam manajemen
kurikulum berbasis industri di SMK Ma’arif 2 Gombong. Pendekatan penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan
metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
menggunakan analisis data kualitatif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Manajemen kurikulum berbasis
industri di SMK Ma’arif 2 Gombong menggunakan beberapa langkah yaitu : a)
Perencanaan, melakukan review kurikulum, membuat kurikulum sinkronisasi
industri, penyusunan kurikulum, membuat program kerja sesuai dengan
kompetensi.b) Pengorganisasian, melakukan upgrading, mengorganisasikan
pembelajaran, membuat prota dan promes, membuat silabus dan RPP.c)
Implementasi, menentukan metode dan strategipembelajaran, menyiapkan sarana
dan prasarana pembelajaran. d) Monitoring dan Evaluasi atau Monev, monitoring
dengan melakukan supervisi kurikulum oleh Kepala Jurusan, Waka Kurikulum
dan Kepala Sekolah. Evaluasi dilakukan bersama pendamping dari pihak industri
untuk menilai apakah materi yang disampaikan sudah sesuai target.2)Strategi
yang diambil SMK Ma’arif 2 Gombong dalam manajemen kurikulum berbasis
industri : a) Strategi jangka pendek, melakukan MoU dengan beberapa industridan
mempertahankannya sampai 5 tahun. Menjadikan kelas industri sebagai branding
SMK Ma’arif 2 Gombong. b) Strategi jangka panjang, mengadakan kelas-kelas
industri pada semua jurusan. c) Menambah jurusan baru sebagai pengembangan
rumpun yang sudah ada. d) Implementasi,Penyesuaian kompetensi guru
(upgrading) dengan program magang kerja, guru mengikuti pelatihan, workshop
dan MGMP. e) Perbaikan dan sarana dan prasarana, inovasi teknologi yang baru
dan melakukan pembaharuan peralatan.
Kata Kunci : Manajemen, Kurikulum, Industri

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Industri
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:17
Last Modified: 11 Oct 2021 03:17
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item
View Item