PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARSARI

Septi Rahayu, NIM.1712806 and . Dr. Eliyanto, M.Pd dan Maryanto, M.Sc, NIDN.2108058801 (2021) PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARSARI. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PGMI Cover] Text (Skripsi PGMI Cover)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (336kB)
[thumbnail of Skripsi PGMI BAB I] Text (Skripsi PGMI BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB)
[thumbnail of Skripsi PGMI BAB I] Text (Skripsi PGMI BAB I)
BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB)

Abstract

ABSTRAK
Septi Rahayu. 1712806. Pembelajaran Jarak Jauh dan Pengaruhnya terhadap
Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Banjarsari.
Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui proses pembelajaran jarak jauh
siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Banjarsari; (2) untuk mengetahui dampak
pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar
Negeri Banjarsari.
Penelitian ini berupa penelitian kualitatif lapangan. Subjek penelitian adalah
Bapak Kepala Sekolah, Guru Kelas IV, Wali siswa kelas IV dan siswa kelas IV
Sekolah Dasar Negeri Banjarsari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa data hasil wawancara,
hasil observasi dan hasil dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada
penelitian ini menggunakan pendekatan analisis induktif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) proses
pembelajaran jarak jauh di SD Negeri Banjarsari dilaksanakan melalui WhatsApp
Group sebagai perantara untuk saling berinteraksi dalam penyampaian materi
maupun pemberian tugas dari pendidik kepada peserta didik; (2) dampaknya
terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Banjarsari rendah, peserta
didik tidak termotivasi dalam belajar. Kondisi yang sering terjadi pada saat
pembelajaran jarak jauh melalui WhatsApp Group, peserta didik di rumah lebih
senang bermain karena banyaknya waktu luang. Tidak seperti pada saat
pembelajaran di sekolah yang terikat oleh waktu sehingga waktu untuk bermain
terbatas. Selain itu, orang tua peserta didik juga yang lebih aktif membantu dalam
proses mengerjakan tugas.
Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Jarak Jauh, Motivasi Belajar
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:01
Last Modified: 11 Oct 2021 03:01
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item
View Item