Yeni Fidianingsih, 19116713 and Nadia Raifah Nawa Kartika, M.Pd, 2122019103 (2023) Implementasi Integrasi Kurikulum Sekolah Dan Kurikulum Pesantren di SDIT VIP Al-Huda. Other thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (228kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (264kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (180kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (287kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan implementasi integrasi kurikulum sekolah dan kurikulum pesantren di SDIT VIP Al-Huda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDIT VIP Al-Huda. Pengumpulan data diambil dengan metode observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Analisa validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi, dimana data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi akan diuji kebenaranya. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Latar belakang yang mendasari penggunaan integrasi kurikulum sekolah dan kurikulum pesantren di SDIT VIP Al-Huda yaitu menghadapi krisis moral dan masyarakat indonesia yang mulai kebarat-baratan serta materi keagamaan yang ada di sekolah umum sangat minim. 2. Proses penggabungannya berawal dari inisiatif sendiri kemudian dimusyawarahkan dan disetujui oleh pihak yayasan, kemudian berinovasi, study banding dan menentukan mata pelajaran dan pembagian waktunya. 3. Implementasi kurikulum sekolah dan kurikulum pesantren di SDIT VIP Al-Huda yaitu: a) guru menganalisis materi kemudian menentukan metode pembelajaran b) Pelaksanaan metode pembelajaran yaitu kepala sekolah dan waka kurikulum dan yayasan memonitoring seluruh kinerja guru. c) Evaluasi metode pembelajaran
yayasan dan kepala sekolah akan mengevaluasi berdasarkan apa yang telah dikontrol dan diawasi bersama. d) Tindak lanjut permasalahan terkait metode pembelajaran yaitu adanya sistem shift, waka kurikulum dan kepala sekolah mengevaluasi perangkat pembelajaran, metode pembelajaran, jadwal, menyingkronkan waktu, menerima masukan, menciptakan situasi kerja yang kondusif, menyediakan sumber belajar guru dan memfasilitasi segala kebutuhan guru, serta membiasakan budaya disiplin.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nadia Raifah Nawa Kartika,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Integrasi, Kurikulum Sekolah dan Kurikulum Pesantren |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 02:05 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 02:05 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1039 |