Irfan Rokhali, 19116818 and Dr. Eliyanto, M.Pd, 2108058801 (2023) Penerapan Metode Bandongan pada Pembelajran Kitab Fathul Qorib di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Karangsari Kecamatan Kebumen. Other thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (618kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (132kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (316kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (60kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (155kB)
Abstract
Pembelajaran Kitab Fathul Qorib diterapkan di Pondok Pesantren Nurul Hidayah, dimana dalam pembelajarannya membahas seputar hukum-hukum fikih Islam, yang mana nantinya akan diterapkan di masyarakat. Dalam sistem pembelajarannya, bukan hanya menggunakan sistem bandongan (mendengarkan) saja, akan tetapi disini seorang santri di tuntut untuk bisa memahami serta mengaplikasikannya bahkan dianjurkan untuk bisa membaca kitab secara langsung dan menjelaskan isi dari kitab tersebut. Adapun proses pendekatan pembelajaran diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, jadi pembelajaran akan maksimal jika dari ketiga proses tersebut sudah terlaksana. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Metode Bandongan di Pondok Nurul Hidayah? (2) Bagaimana Pelaksanaan Metode Bandongan di Pondok Pesantren Nurul Hidayah? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Bagaimana Perencanaan Metode Bandongan di Pondok Pesantren Nurul Hidayah. (2) Untuk mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Metode Bandongan di Pondok Pesantren Nurl Hidayah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil temuan penelitian ini yaitu 1). Perencanaan Metode Bandongan yaitu: a). Penyusunan perencanaan metode bandongan. b). Penyusunan jadwal pembelajaran, penentuan jadwal ini disepakati oleh segenap elemen pesantren. Yakni, satu kali dalam seminggu yaitu hari Sabtu malam Minggu 2). Pelaksanaan Metode Bandongan yaitu: a). Persiapan ustadzah untuk ustadzah berisi targettarger materi kitab yang harus dicapai serta persiapan santri untuk persiapan santri mempersiapkan materi yang akan dibahas. Penguasaan materi hal utama yang perlu dikuasai yaitu, santri bisa memahami dan membaca serta menjelaskan materi yang diterapkan. b). Metode pembelajaran kitab metode yang digunakan yaitu metode bandongan. c). Inti pembelajaran yang berisi tentang pengenalana kitab, rutinitas pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Eliyanto, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Metode Bandongan, Kitab Fathul Qorib dan Pondok Pesantren Nurul Hidayah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 01:53 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 01:53 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1038 |