Hanifatul Lutfiyah, NIM.19116657 and Fikria Najitama, M.S.I, . (2023) ANALISIS METODE PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK DIFABEL PADA FILM MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (363kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (153kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (295kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (119kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB)
Abstract
ABSTRAK
Hanifatul Lutfiyah: Analisis Pendidikan Karakter bagi Anak Difabel pada Film Moga Bunda Disayang Allah.
Penelitian ini didasari berbagai macam problematika pendidikan karakter bagi anak difabel di Indonesia. Pendidikan bagi anak difabel memiliki kesetaraan yang universal pendidikan bagi anak pada umumnya. Implementasi pendidikan karakter menjadi krusial lagi anak didik difabel sebagai upaya dalam menumbuhkembangkan sikap dan perilaku kepribadian yang berkarakter dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kategori pendidikan karakter dan metode pendidikan karakter bagi anak difabel pada film Moga Bunda Disayang Allah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah film Moga Bunda Disayang Allah. Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa analisis metode pendidikan karakter bagi anak difabel pada film Moga Bunda Disayang Allah adalah sebagai berikut : (1) kategori pendidikan karakter yang terdapat pada film Moga Bunda
Disayang Allah adalah pendidikan karakter religius, mandiri, disiplin, rasa ingin tahu, dan persahabatan/komunikatif. Kategori pendidikan karakter tersebut terdapat pada isi film yang mencerminkan bahwa setiap peserta didik harus
memiliki karakter dalam membangun potensi dari personalitas anak didik. (2) metode pendidikan karakter yang diterapkan oleh pendidik terhadap peserta didik difabel melalui berbagai metode pendidikan karakter, diantaranya metode
pendidikan karakter yang terdapat pada film tersebut yaitu metode mau’izah (motifasi), metode pendidikan karakter pembiasaan, metode pendidikan karakter hiwar (percakapan, metode pendidikan karakter pemberian hukuman
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Fikria Najitama, M.S.I |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 01:43 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 01:43 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1021 |