ANALISIS METODE PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK DIFABEL PADA FILM MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH

Hanifatul Lutfiyah, NIM.19116657 and Fikria Najitama, M.S.I, . (2023) ANALISIS METODE PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK DIFABEL PADA FILM MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (172kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (363kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (153kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK
Hanifatul Lutfiyah: Analisis Pendidikan Karakter bagi Anak Difabel pada Film Moga Bunda Disayang Allah.
Penelitian ini didasari berbagai macam problematika pendidikan karakter bagi anak difabel di Indonesia. Pendidikan bagi anak difabel memiliki kesetaraan yang universal pendidikan bagi anak pada umumnya. Implementasi pendidikan karakter menjadi krusial lagi anak didik difabel sebagai upaya dalam menumbuhkembangkan sikap dan perilaku kepribadian yang berkarakter dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kategori pendidikan karakter dan metode pendidikan karakter bagi anak difabel pada film Moga Bunda Disayang Allah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah film Moga Bunda Disayang Allah. Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa analisis metode pendidikan karakter bagi anak difabel pada film Moga Bunda Disayang Allah adalah sebagai berikut : (1) kategori pendidikan karakter yang terdapat pada film Moga Bunda
Disayang Allah adalah pendidikan karakter religius, mandiri, disiplin, rasa ingin tahu, dan persahabatan/komunikatif. Kategori pendidikan karakter tersebut terdapat pada isi film yang mencerminkan bahwa setiap peserta didik harus
memiliki karakter dalam membangun potensi dari personalitas anak didik. (2) metode pendidikan karakter yang diterapkan oleh pendidik terhadap peserta didik difabel melalui berbagai metode pendidikan karakter, diantaranya metode
pendidikan karakter yang terdapat pada film tersebut yaitu metode mau’izah (motifasi), metode pendidikan karakter pembiasaan, metode pendidikan karakter hiwar (percakapan, metode pendidikan karakter pemberian hukuman

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Fikria Najitama, M.S.I
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:43
Last Modified: 02 Nov 2023 01:43
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item
View Item