Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter peserta didik melalui kegiatan Rohis An-Nisa SMK Negeri 1 Kebumen

Pingka Helvi Rosaviana, NIM. 19116740 and Fuad Hasyim, M.Pd.I, . (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter peserta didik melalui kegiatan Rohis An-Nisa SMK Negeri 1 Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (719kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (232kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (177kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (131kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK
Pingka Helvi Rosaviana. 19116740. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter peserta didik melalui kegiatan Rohis An-Nisa SMK Negeri 1 Kebumen.Tujuan Penelitian adalah : (1) Untuk mengetahui apa saja bentukbentuk kegiatan Rohis An-Nisa dalam menanamkan karakter peserta didik di SMK Negeri 1 Kebumen; (2) Untuk mengetahui peran guru PAI dalam menanamkan
karakter peserta didik di SMK Negeri 1 Kebumen; (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat apa saja yang dialami oleh guru PAI dalam upaya menanamkan karakter peserta didik di SMK Negeri 1 Kebumen dalam kegiatan Rohis An-Nisa.Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif.
Adapun desain penelitiannya adalah deskriptif. Data tersebut diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Bentuk-bentuk kegiatan Rohis An-Nisa dalam menanamkan karakter peserta didik sudah tepat. Diantaranya bentuk-bentuk kegiatan di Rohis An-Nisa yaitu ada kajian kitab durorul bahiyah, tilawah, tahfidzul
qur’an, sholawat al-berzanji, yasinan, jumcer (jum’at ceria), BTQ, RTQ, dan hadroh. Kegiatan-kegiatan tersebut memang sangat dibutuhkan oleh peserta didik. (2) Peran guru PAI dalam menanamkan karakter peserta didik sudah cukup baik. Diantaranya yaitu menguatkan peserta didik dengan pembiasaan-pembiasaan kegiatan kerohanian, memberikan contoh/teladan, serta menggunakan media sosial
dengan baik. (3) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menanamkan karakter peserta didik seperti kondisi anak, kecanduan gadget, waktu yang bertabrakan dengan kegiatan lain, serta siswa yang malas mengikuti ekstrakulikuler karena pembelajaran yang sudah full dari pagi sampai sore.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Fuad Hasyim, M.Pd.I
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:18
Last Modified: 25 Oct 2023 07:18
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1000

Actions (login required)

View Item
View Item