Nailatul ‘Izzah, 1912873 and Dr. Maryanto, M.Sc, 21140282002 (2023) Penerapan Classroom Seating Arrangement untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III A MIN 3 Kebumen. Other thesis, IAINU Kebumen.
1. COVERR.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (219kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
BAB II.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
BAB III.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (506kB)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang respon siswa terhadap konsep classroom seating arrangement yang diterapkan di kelas III A MIN 3 Kebumen (2) untuk mengidentifikasikan bentuk tempat duduk kelas (classroom seating) yang diterapkan di kelas III A MIN 3 Kebumen (3) untuk mendeskripsikan dampak yang terjadi setelah diterapkannya classroom seating arrangement pada minat belajar siswa kelas III A MIN 3 Kebumen. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan penggambaran masalah yang sistematis sesuai dengan fakta-fakta di lapangan. Subjek pada penelitian ini diantaranya kepala madrasah MIN 3 Kebumen, guru kelas beserta beberapa siswa kelas III A sejumlah 5 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berdasarkan observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) respon siswa kelas III A terhadap penerapan classroom seating arrangement: (a) menjadi lebih tertib dalam memilih tempat duduk (b) menghindari rasa bosan (c) lebih mudah untuk berinteraksi; (2) 4 bentuk classroom seating arrangement yang diterapkan di kelas III A MIN 3 Kebumen: (a) bentuk konvensional berpasangan (b) bentuk saling berhadapan (c) bentuk mengelompok (modular) (d) bentuk “U” kombinasi; (3) dampak penerapan classroom seating arrangement pada minat belajar siswa kelas III A jika dibandingkan dengan kelas lain yang tidak menerapkan konsep ini, kelas III A terlihat lebih ceria dengan interaksi seluruh siswa dengan guru yang tidak membosankan. Tempat duduk yang terus berganti membuat siswa aktif secara keseluruhan dan tidak memilih-milih teman. Sementara untuk dampak minat belajar yang tinggi diantara 4 bentuk penerapan tempat duduk yang telah ditetapkan, pengaruh paling tinggi terdapat pada bentuk saling berhadapan dengan hasil penilaian harian rata-rata terbesar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Maryanto, M.Sc |
| Uncontrolled Keywords: | Classroom Seating Arrangement, Minat Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 17 Oct 2023 07:07 |
| Last Modified: | 17 Oct 2023 07:07 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/963 |
