Afifatun Nahriyah, NIM. 1913167 and Dr. Eliyanto, M.Pd, . (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS TARBIYATUL ‘ULUM TIRTOMOYO KECAMATAN PONCOWARNO. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
COVER.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
BAB 1.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
BAB 2.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
BAB 3.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (358kB)
BAB 5.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
ABSTRAK
Afifatun Nahriyah. 1913167. Manajemen Pembelajaran dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo Kecamatan Poncowarno.
Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui penerapan manajemen pemebelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo; (2) untuk mengetahui hasil dari manajemen pembelajaran
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo; (3) untuk mengetahui apa saja kendala/hambatan dalam melaksanakan manajemen
pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo.
Penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang Kepala Madrasah, 1 orang Waka Kurikulum, 4 orang Guru dan 3 Peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo dilakukan dengan cara Perencanaan pembelajaran
meliputi: Silabus, RPP, Program Tahunan, Semesteran. Pengorganisasian meliputi: model pembelajaran, media pembelajaran, guru sesuai dengan kompetensinya. Pelaksanaan meliputi: Kegiatan Pendahuluan, Inti dan penutup pembelajaran. Pengawasan meliputi: Madrasah bekerjasama dengan Wali Murid untuk mengawasi proses pembelajaran, dan Evaluasi meliputi: penilaian berbasis kelas yang mencakup ranah kognitif, psikomotorik dan afektif.; (2) Hasil
pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo sudah baik dalam segi akademik maupun non akademik; (3) Kendala/Hambatan dalam melaksanakan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo meliputi kelas kurang kondusif, jam pelajaran sering kosong dan siswa sering tertidur saat jam pelajaran
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Eliyanto,M.Pd |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 17 Oct 2023 03:25 |
| Last Modified: | 17 Oct 2023 03:25 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/954 |
