Kholifatul Masitoh, NIM. 20116831 (2025) Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SD N 4 Tamanwinangun Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (277kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (301kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (206kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (464kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (235kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar siswa kelas IV
dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 4
Tamanwinangun Kebumen serta mengidentifikasi faktor-faktor yang
memengaruhinya. Minat belajar merupakan aspek penting yang menentukan
keberhasilan proses pembelajaran, karena siswa dengan minat tinggi cenderung
memiliki semangat, perhatian, dan keterlibatan aktif dalam kegiatan belajar.
Indikator minat belajar yang dikaji meliputi perhatian, rasa senang, rasa bangga
dan puas, ketertarikan, serta partisipasi siswa dalam pembelajaran PAI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek
penelitian terdiri atas kepala sekolah, guru PAI, komite sekolah, siswa kelas IV,
dan orang tua siswa. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu Mei sampai
Agustus 2025. Data yang diperoleh dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam
pembelajaran PAI di SD N 4 Tamanwinangun Kebumen tergolong baik. Siswa
menunjukkan semangat, perhatian, dan antusiasme dalam mengikuti
pembelajaran. Faktor yang memengaruhi minat belajar terdiri dari faktor internal
(motivasi, kesiapan, dan kondisi emosional), faktor eksternal (dukungan orang
tua, metode pembelajaran guru, media pembelajaran, dan lingkungan sekolah),
serta faktor pendekatan belajar. Kendala yang dihadapi meliputi metode
pembelajaran yang monoton dan keterbatasan media. Secara keseluruhan, siswa
memiliki minat positif terhadap pembelajaran PAI dan perlu terus ditingkatkan
melalui pendekatan pembelajaran yang menarik dan kontekstual.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen pembimbing : Dr. Umi Arifah,. S.Pd.I., M.M. |
| Uncontrolled Keywords: | Minat belajar, Pendidikan Agama Islam, siswa sekolah dasar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 02:19 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 02:19 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/7 |
