Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Untuk mewujudkan Nurturant effect di SMK Ma'arif 3 Somalangu Kebumen

Lulu Lutfiana, NIM.21110151 (2025) Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Untuk mewujudkan Nurturant effect di SMK Ma'arif 3 Somalangu Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (956kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (256kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (230kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (81kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK
Lulu Lutfiana. 21110151. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode
pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di SMK Ma'arif 3 Somalangu Kebumen dan perannya dalam mewujudkan nurturant effect pada peserta didik. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru SKI, observasi kelas, dan wawancara dengan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SKI mengombinasikan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penampilan tokoh/film sejarah. Metode-metode ini tidak hanya bertujuan mentransfer pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan
nilai-nilai positif. Nurturant effect terwujud melalui penanaman nilai keteladanan dari tokoh sejarah Islam, yang dibuktikan dengan peningkatan jiwa kemandirian, kepemimpinan, serta motivasi siswa dalam beribadah dan berdakwah. Siswa merasakan dampak positif pembelajaran SKI dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menginternalisasi nilai-nilai moral dan karakter. Penelitian ini menyimpulkan bahwa variasi metode pembelajaran PAI pada materi SKI secara signifikan berkontribusi pada pembentukan karakter dan moral peserta didik di lingkungan pesantren

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Drs.H.R.Makhrur Adam Maulana,S.Ag
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2025 02:25
Last Modified: 16 Dec 2025 02:25
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1809

Actions (login required)

View Item
View Item