Samsul Musafa, NIM.21110138 (2025) Pembiasaan Mukhadharah untuk Membina Potensi dan Ahlakul Karimah Siswa di Mts Ma’arif Kaligowong. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (203kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (511kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (372kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB)
Abstract
ABSTRAK
Samsul Musafa. 21110138. Pembiasaan Mukhadharah untuk Membina Potensi dan Ahlakul Karimah Siswa di Mts Ma’arif Kaligowong. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama
Kebumen, 2025. Tujuan penelitian adalah: 1) Mengetahui proses pelaksanaan pembinaan potensi dan akhlakul karimah siswa melalui pembiasaan mukhadharah di MTs Ma’arif
Kaligowong, 2) Mengetahui hasil pembinaan potensi dan akhlakul karimah melalui pembiasaan mukhadharah MTs Ma’arif Kaligowong, 3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan potensi dan akhlakul karimah siswa
melalui pembiasaan mukhadharah di MTs Ma’arif Kaligowong.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Adapun subjek penelitiannya adalah Kepala madrasah, pembina mukhadharah, Guru dan Peserta didik MTs Ma’arif Kaligowong. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan mukhadharah di MTs Ma’arif Kaligowong mampu menjadi sarana efektif dalam membina potensi dan akhlakul karimah peserta didik. Kegiatan ini mendorong siswa untuk lebih percaya diri, terampil berbicara di depan umum, serta terbiasa dalam ibadah dan sikap sopan
santun. Meskipun terdapat beberapa hambatan seperti kurangnya rasa percaya diri dan keterlibatan guru yang belum merata, upaya seperti pendampingan siswa dan variasi kegiatan berhasil membantu mengatasi kendala tersebut. Dengan dukungan madrasah yang kuat, mukhadharah berperan penting dalam membentuk karakter religius dan sosial siswa secara berkelanjutan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Fibrian Irodati,S.Pd.I.,M.Pd.I |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 30 Nov 2025 02:26 |
| Last Modified: | 30 Nov 2025 02:26 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1801 |
