Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Teori Dominasi Simbolik Pierre Bourdieu.

Kaifa Bais Mussafa., NIM.20116874 (2024) Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Teori Dominasi Simbolik Pierre Bourdieu. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (345kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (614kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (256kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (247kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB)

Abstract

ABSTRAK
Kaifa Bais Mussafa. 20116874. Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Teori Dominasi Simbolik Pierre Bourdieu.
Tujuan Penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui apa makna dari kekerasan simbolik; (2) Untuk mengetahui bagaimana Pendidikan Agama Islam dipandang menggunakan perspektif Pierre Bourdieu tentang teori domimasi simbolik. Penelitian ini berupa Penelitian Kualitatif dengan metode library research. Peneliti melakukan pengumpulan data dari sumber primer dan sekunder. Adapun sumber primer peneliti menggunakan buku berjudul bahasa dan kuasa simbolik karya
Pierre Bourdieu. Sedangkan sumber sekunder peneliti mengambil dari beberapa
jurnal ilmiah, tesis, skripsi, dan beberapa informasi yang peneliti dapatkan dari beberapa situs online. Teknik analisis data yang digunakan peneliti menggunakan
analisis deskriptif. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Di dalam dunia pendidikan masih terdapat beberapa kekerasan simbolik yang terjadi; (2)
Minimnya pemahaman antara guru PAI dan peserta didik tentang kekerasan simbolik yang berujung pada kekerasan fisik; oleh karena itu peneliti merasa penting adanya ruang penyadaran antara guru dan peserta didik agar menghasilkan proses pembelajaran yang lebih humanis, dialogis yang egaliter

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Benny Kurniawan,M.Pd.I
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:47
Last Modified: 06 Nov 2025 02:47
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item
View Item