Rejeki Wulan Sari, NIM.2121267 (2025) Pengaruh Product Knowledge dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim Pada Marketplace Shopee. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
halaman depan.pdf - Published Version
Download (842kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (122kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (170kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (186kB)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (172kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (37kB)
DAPUS.pdf - Published Version
Download (182kB)
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena pesatnya pertumbuhan pengguna internet dan e-commerce di Indonesia, yang mengubah cara konsumen berinteraksi dengan produk. Dalam lingkungan belanja online yang serba digital, di mana konsumen tidak dapat secara fisik melihat, menyentuh, atau mencoba produk, pengetahuan tentang produk dan ulasan dari pelanggan lain menjadi sumber informasi yang sangat penting. Keduanya berperan sebagai pengganti pengalaman langsung yang hilang, sehingga sangat memengaruhi pertimbangan dan akhirnya keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara
mendalam pengaruh product knowledge dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk busana muslim di marketplace Shopee di Kabupaten Kebumen tahun 2021-2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data
dikumpulkan dari populasi konsumen muslim di Kabupaten Kebumen yang memiliki pengalaman berbelanja busana muslim di platform Shopee. Analisis dilakukan dengan metode statistik untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa product knowledge dan online customer review terbukti memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, baik secara individual maupun
secara bersamaan. Temuan ini menegaskan bahwa semakin baik pemahaman konsumen tentang spesifikasi dan manfaat produk, serta semakin baik dan tepercaya ulasan yang mereka baca, semakin besar dorongan untuk melakukan pembelian.
Analisis data juga mengungkapkan bahwa kedua variabel ini secara simultan berkontribusi sebesar 80,2% dalam menjelaskan variasi keputusan pembelian. Sementara 19,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian ini. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam ekosistem ecommerce, penyediaan informasi produk yang lengkap dan pengelolaan ulasan pelanggan yang baik sangat bagi keberhasilan penjualan. Temuan ini tidak hanya
memperkuat teori perilaku konsumen tetapi juga memberikan implikasi praktis bagi para pelaku bisnis online untuk mengoptimalkan strategi pemasaran mereka
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing: Annisa Mangole,M.E |
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 06:43 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 06:43 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1781 |
