Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa SMP Negeri 2 Buluspesantren

Kuni Dzakiyatun, NIM.2113013 (2025) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa SMP Negeri 2 Buluspesantren. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (387kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (482kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (247kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (406kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (379kB)

Abstract

ABSTRAK
Kuni Dzakiyatun, 2113013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa SMP Negeri 2 Buluspesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh gaya kepemimpinan kepala
sekolah terhadap kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Buluspesantren. Serta, untuk mengetahui bagaimana respon siswa pada gaya kepemimpinan kepala sekolah
terhadap kedisiplinan siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel yang
digunakan yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Buluspesantren dengan jumlah 130 peserta didik yang dipilih melalui teknik random sampling. Data dikumpukan menggunakan dengan angket, observasi, wawancara dan
dokumentasi, sedangkan analisis dilakukan menggunakan regresi linier
sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik menilai kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan yang baik, ditunjukkan melalui pengambilan keputusan, komunikasi yang terbuka, koordinasi aktif, dan perhatian terhadap
siswa. Sementara itu, kedisiplinan siswa juga dinilai cukup baik, meskipun masih ditemukan beberapa ketidakteraturan, khususnya dalam hal kedisiplinan waktu.
Sedangkan hasil uji regresi menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan siswa, dibuktikan dengan perhitungan dari nilai sifnifikansi koefisien regresi dapat
dilihat bahwa nilai �ℎ����� yaitu sebesar 727 dan nilai signifikansinya yaitu 0.395 dimana > 0.005. Maka, tidak terdapat pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah (X) tehadap kedisiplinan siswa (Y) Hal ini menunjukkan bahwa faktor lain kemungkinan lebih memengaruhi kedisiplinan siswa, seperti lingkungan,motivasi pribadi, pengaruh keluarga ataupun faktor lainnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Umi Arifah,S.Pd.I.,M.M
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2025 02:44
Last Modified: 04 Nov 2025 02:44
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1772

Actions (login required)

View Item
View Item