Pengembangan Media Alat Permainan Edukatif Geometri (APIG) bagi Siswa Kelas II SD Ma’arif NU Klirong.

Sulis Setiyani, NIM.2012911 (2025) Pengembangan Media Alat Permainan Edukatif Geometri (APIG) bagi Siswa Kelas II SD Ma’arif NU Klirong. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of halaman depan.pdf] Text
halaman depan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (253kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (470kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (495kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (201kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf - Published Version

Download (285kB)

Abstract

ABSTRAK
Sulis Setiyani. 2012911. Pengembangan Media Alat Permainan Edukatif Geometri (APIG) bagi Siswa Kelas II SD Ma’arif NU Klirong. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Alat Permainan Edukatif Geometri (APIG) Bangun Datar sebagai sarana pembelajaran matematika di kelas II Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas II SD. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelayakan media dinyatakan valid, dengan skor rata-rata ahli materi 8,5 (kategori sangat valid) dan validasi ahli media
sebesar 75% (kategori layak). Artinya, media memenuhi aspek isi maupun tampilan untuk digunakan dalam pembelajaran. (2) Kepraktisan media termasuk kategori sangat praktis, dengan respon guru mencapai 90% dan respon siswa 89,13%. Guru
menilai media mudah digunakan dan fleksibel, sedangkan siswa merasa termotivasi dengan bentuk puzzle dan papan permainan. (3) Efektivitas media terbukti signifikan dalam meningkatkan hasil belajar. Hal ini terlihat dari rata-rata skor posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol, serta uji-t menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0,001 < 0,05). (4) Implikasi penelitian membuktikan bahwa media berbasis permainan edukatif dapat menjadi alternatif
solusi dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik fase A Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, hipotesis penelitian terbukti bahwa pengembangan media
APIG Bangun Datar berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Nurhidayah.M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2025 04:10
Last Modified: 03 Nov 2025 04:10
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1766

Actions (login required)

View Item
View Item