Implementasi Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid dalam Mengatasi Masalah Haid Pada Santriwati di Pondok Pesantren An Nahdlah IAINU Kebumen

Annisa Alif Ihsani, NIM. 21110066 (2025) Implementasi Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid dalam Mengatasi Masalah Haid Pada Santriwati di Pondok Pesantren An Nahdlah IAINU Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (950kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (312kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (272kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (252kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Pembelajaran kitab Risalatul Mahid di Pondok Pesantren An-Nahdlah IAINU Kebumen. 2) Hambatan pada Santri Putri dalam Mempelajari kitab Risalatul Mahid. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah pengajar dan santriwati. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran kitab Risalatul Mahid di Pondok Pesantren An-Nahdlah terlaksana dengan baik. Implementasi pembelajaran kitab Risalatul Mahid di Pondok Pesantren An Nahdlah IAINU Kebumen dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, ustadzah menyiapkan rencana pelajaran, bahan ajar, dan metode yang sesuai dengan kemampuan santri. Pada tahap pelaksanaan, digunakan metode bandongan di mana ustadzah membacakan kitab, memberi makna pegon, serta menjelaskan isi secara rinci. Evaluasi dilakukan secara formatif, yaitu dengan cara santri mengulas kembali materi pertemuan sebelumnya di awal pembelajaran. 2) Hambatan yang dihadapi santri putri dalam mempelajari kitab Risalatul Mahid meliputi kurangnya kefokusan saat pembelajaran, sebagian santri tidak membawa kitab atau alat tulis, serta perbedaan kemampuan dalam memahami bahasa Arab pegon. Faktor kelelahan dan rendahnya motivasi belajar juga memengaruhi proses pemahaman santri terhadap materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Nuraini Habibah, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Implementasi pembelajaran kitab Risalatul Mahid, Hambatan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:54
Last Modified: 23 Dec 2025 01:54
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item
View Item