Analisis Penggunaan Internet pada Pembentukan Akhlak Siswa Kelas X SMAN 1 Buluspesantren

Wahyu Ramdhani, NIM : 21110060 (2025) Analisis Penggunaan Internet pada Pembentukan Akhlak Siswa Kelas X SMAN 1 Buluspesantren. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (857kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (282kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (762kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (124kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Penggunaan Internet pada Pembentukan Akhlak
Siswa Kelas X SMAN 1 Buluspesantren”. Latar belakang penelitian ini didasarkan
pada fenomena penggunaan internet yang semakin masif di kalangan remaja,
khususnya siswa SMA, yang berdampak pada pembentukan akhlak mereka.
Internet, di satu sisi, menawarkan kemudahan akses informasi dan sarana
pembelajaran. Namun, di sisi lain, juga berpotensi menimbulkan pengaruh negatif
seperti menurunnya sopan santun, munculnya perilaku konsumtif, dan
kecenderungan terhadap konten negatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran penggunaan internet di
kalangan siswa kelas X SMAN 1 Buluspesantren, (2) dampak positif dan negatif
dari penggunaan internet terhadap akhlak siswa, serta (3) upaya guru dan sekolah
dalam membimbing siswa menggunakan internet secara bijak. Pendekatan yang
digunakan adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa internet digunakan siswa baik untuk
kebutuhan akademik seperti mencari referensi tugas, maupun untuk hiburan dan
media sosial. Dampak positif yang muncul antara lain peningkatan wawasan dan
keterampilan teknologi. Namun, dampak negatif juga terlihat dalam bentuk
kecanduan, penurunan motivasi belajar, dan perubahan sikap terhadap lingkungan
sosial. Untuk mengatasi hal ini, guru dan sekolah melakukan pendekatan preventif
dan kuratif melalui bimbingan, pengawasan, serta penanaman nilai-nilai akhlak
dan spiritualitas.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen pembimbing : Dr.Imam Subarkah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Internet, Akhlak, Siswa, Pendidikan, Pengaruh Media
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:23
Last Modified: 24 Sep 2025 03:23
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item
View Item