Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Akhlak Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Puring Kebumen

Yovita Al Afifah, NIM.21110030 (2025) Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Akhlak Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Puring Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf

Download (748kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK
Yovita Al Afifah. 21110030. Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan
Akhlak Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Puring Kebumen.
Akhir-akhir ini media elektronik mapun media sosial kerap
menginformasikan berbagai berita tentang bentuk-bentuk perubahan perilaku
seseorang yang diakibatkan oleh game online. Perubahan tersebut sangat melekat
dengan perubahan aklak dalam diri seseorang. Salah satu indikasi dari perubahan
akhlak yaitu dari akhlak yang terpuji manjadi akhlak tercela. Tujuan penelitian
adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh game online terhadap
perkembangan akhlak peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Puring Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh peserta didik di SMP Negeri 1 Puring. Kemudian dari populasi
tersebut diambil sampelnya dengan menggunakan metode random sampling. Dari
populasi peserta didik kelas 7, 8 dan 9 penulis memilih sub-populasi di kelas 8
SMP Negeri 1 Puring tahun pelajaran 2024/2025 yang terdiri dari 224 peserta didik
yang terbagi dalam 12 kelas. Teknik analisis dan pengolahan data menggunakan
software IBM SPSS Statistics Version 25.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dari hasil uji regresi linear
sederhana koefisien regresi X sebesar 0,948 menyatakan bahwa setiap penambahan
1% nilai Game Online maka nilai Perkembangan Akhlak Peserta Didik bertambah
0,948. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa
pengaruh variabel X (Game Online) terhadap variabel Y (Perkembangan Akhlak
Peserta Didik) adalah positif. Pengambilan keputusan dalam uji regresi sederhana
yakni berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat
disimpulkan bahwa variabel Game Online (X) berpengaruh terhadap variabel
Perkembangan Akhlak Peserta Didik (Y). Berdasarkan hasil analisis data tersebut
maka terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel game online terhadap
perkembangan akhlak peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Eliyanto,S.Pd.,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2025 03:19
Last Modified: 21 Sep 2025 03:20
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1643

Actions (login required)

View Item
View Item