PERAN GURU PENDIDIK AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK PUSPAJATI BULUSPESANTREN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

AHNAF HIDAYATULLAH, NIM. 20116822 (2025) PERAN GURU PENDIDIK AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK PUSPAJATI BULUSPESANTREN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama.

[thumbnail of Skripsi Ahnaf REVISI-1-16.pdf] Text
Skripsi Ahnaf REVISI-1-16.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Ahnaf REVISI-17-25.pdf] Text
Skripsi Ahnaf REVISI-17-25.pdf - Published Version

Download (148kB)
[thumbnail of Skripsi Ahnaf REVISI-26-59.pdf] Text
Skripsi Ahnaf REVISI-26-59.pdf - Published Version

Download (450kB)
[thumbnail of Skripsi Ahnaf REVISI-60-66.pdf] Text
Skripsi Ahnaf REVISI-60-66.pdf - Published Version

Download (300kB)
[thumbnail of Skripsi Ahnaf REVISI-67-91.pdf] Text
Skripsi Ahnaf REVISI-67-91.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Skripsi Ahnaf REVISI-92-94.pdf] Text
Skripsi Ahnaf REVISI-92-94.pdf - Published Version

Download (140kB)
[thumbnail of Skripsi Ahnaf REVISI-95-118.pdf] Text
Skripsi Ahnaf REVISI-95-118.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter sudah menjadi fokus utama dan poros bagi standar pendidikan di sekolah. SMK Puspajati Buluspesantren juga menerapkan pendidikan karakter yang dijalankan oleh guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI tidak hanya mengajarkan materi agama, tetapi juga menanamkan nilai kejujuran, disiplin, tanggung jawab, sopan santun, hormat, dan religiusitas melalui pembelajaran kontekstual serta pembiasaan positif seperti shalat dhuha berjamaah, doa bersama, dan salam–senyum–sapa. Keberhasilan program ini didukung oleh sinergi antara sekolah dan orang tua, meskipun terdapat kendala seperti rendahnya motivasi siswa, pengaruh lingkungan pergaulan, keterbatasan waktu, sarana prasarana, dan dukungan keluarga yang belum merata. Upaya yang dilakukan untuk mengatasinya meliputi pembiasaan yang konsisten, pendekatan persuasif, pelatihan guru, dan penguatan kerja sama dengan orang tua. Hasilnya, terlihat perubahan positif pada siswa dalam aspek kedisiplinan, sopan santun, kerapian, rasa hormat, dan kesadaran beribadah, yang membuktikan bahwa kolaborasi guru PAI, sekolah, dan orang tua mampu mencetak generasi berkarakter islami dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Elyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Pembentukan, Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:38
Last Modified: 23 Dec 2025 01:38
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item
View Item