Penerapan Metode Qiro‟ati Pada Pembelajaran Al-Qur‟an Orang Dewasa Melalui LPDQ (Lembaga Program Dewasa Qiro‟ati) di TPQ Darussalam Adikarso Kebumen

Melinatus Sa’adah, NIM : 20116836 and Tahrir Rosadi, M.Pd.I., NIDN. 2110027801 (2025) Penerapan Metode Qiro‟ati Pada Pembelajaran Al-Qur‟an Orang Dewasa Melalui LPDQ (Lembaga Program Dewasa Qiro‟ati) di TPQ Darussalam Adikarso Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (4MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (493kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (698kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (261kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (243kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (298kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penerapan proses pembelajaran Al-Qur‟an di Lembaga Program Dewasa Qiro‟ati (LPDQ) di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. 2) mendeskripsikan hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran Al-Qur‟an di Lembaga Program Dewasa Qiro‟ati (LPDQ) di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data, data display, dan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) proses pembelajarannya dilaksanakan secara klasikal dan individual dengan menggunakan metode Qiro‟ati dengan materi pembelajarannya, yaitu ayat-ayat Al-Qur‟an. Evaluasi yang digunakan pada pembelajaran Al-Qur‟an metode qiro‟ati ada 2, yaitu evaluasi harian dan evaluasi kenaikan jilid. 2) hambatan yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur‟an di Lembaga Program Dewasa Qiro‟ati (LPDQ), yaitu faktor keterbatasan mengatur waktu untuk belajar dan faktor usia.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Tahrir Rosadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pembelajaran Al-Qur‟an, Metode Qiro‟ati
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2025 04:14
Last Modified: 20 Jul 2025 04:14
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item
View Item