Mar’atul Mukaromah, NIM.20116835 (2024) PENGEMBANGAN LIFE SKILL BERBASIS BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KOMUNITAS DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM WONOYOSO KEBUMEN, Fakultas Tarbiyah, IAINU Kebumen 2024. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (253kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (708kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (197kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (254kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (179kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (233kB)
Abstract
ABSTRAK
Mar’atul Mukaromah. 20116835. Skripsi: PENGEMBANGAN LIFE SKILL BERBASIS BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KOMUNITAS DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM WONOYOSO KEBUMEN, Fakultas Tarbiyah, IAINU Kebumen 2024. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui pengembangan life skill berbasis blk komunitas santri di Pondok Pesantren Miftahul ’Ulum, Wonoyoso, Kebumen. (2). mengetahui dampak pengembangan life skill berbasis blk komunitas santri di Pondok Pesantren Miftahul ’Ulum, Wonoyoso, Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk memahami fenomena sosial dari pandangan perilakunya. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Ulum. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan penelitian lapangan. Setelah dilakukan penelitian secara menyeluruh tentang pengembangan life skill santri berbasis blk Komunitas di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Wonoyoso Kebumen, dapat disimpulkan bahwa: pertama, upaya pengembangan life skill santri berbasis BLK di pondok pesantren Miftahul Ulum Wonoyoso melalui beberapa kecakapan yaitu sebagai berikut Kecakapan Personal (Personal
Skill), Kecakapan Sosial (Social Skill), Kecakapan Akademik (Academic Skill), dan Kecakapan Vokasional (Vocasional Skill). Kedua, dampak adanya pengembangan life skill santri berbasis BLK sudah terlihat baik dilihat dari terpenuhinya indikator-indikator pembelajaran yang efektif, antara lain: santri mendapatkan keterampilan praktis yang dapat digunakan di dunia kerja, santri belajar bekerja sama dan berkomunikasi efektif yang membantu mereka beradaptasi dengan masyarakat dan lingkungan kerja, santri memiliki pengalaman baru, santri memiliki motivasi berwirausaha, dan santri lebih memiliki kesadaran diri untuk menjadi individu mandiri dan bertanggungjawab
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Fikria Najitama,M.S.I |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 14 May 2025 02:52 |
| Last Modified: | 14 May 2025 02:54 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1504 |
