Efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Kalisono Karangsambung Kebumen

Titik Fajriyati, NIM. 19116805 and Mustajab, M.Pd.I, NIDN.2130018601 (2023) Efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Kalisono Karangsambung Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (199kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (374kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (176kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini didasari dengan dijumpainya beberapa siswa yang masih melanggar tata tertib. Salah satu contoh pelanggarannya adalah berkata kotor, kurang sopan dan santun, peserta didik ribut sendiri, kemudian ada peserta didik yang berpakaian tidak rapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa peran guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Kalisono Karangsambung Kebumen yaitu : (1.) Proses pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan akhlak peserta didik Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Kalisono yaitu guru akidah Akhlak melaksanakan peroses pembelajaran tidak hanya sekedar mengajarkan teori semata, akan tetapi memberikan penanaman nilai-nilai religius kepada peserta didik. Tujuannya agar peserta didik senantiasa menyadari bahwa betapa pentingnya sebuah nilai kebaikan dalam kehidupan. (2.) Efektivitas pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan akhlak kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Kalisono bahwa kondisi akhlak peserta didik di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Kalisono Kebumen sudah lumayan membaik terlihat pada perilaku-perilaku yang ditampakkan oleh peserta didik yang mencerminkan perilaku baik, walaupun demikian, sampai saat ini guru masih terus berupaya untuk menumbuhkan akhlak, sikap atau perilaku peserta didik agar menjadi peserta didik yang barakhlakul karimah dan bermoralitas tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Mustajab, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Efektivitass, Pembelajaran, Aqidah Akhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2025 03:21
Last Modified: 20 Feb 2025 03:21
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1495

Actions (login required)

View Item
View Item