Titik Fajriyati, NIM. 19116805 and Mustajab, M.Pd.I, NIDN.2130018601 (2023) Efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Kalisono Karangsambung Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (199kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (374kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (184kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (317kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (176kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB)
Abstract
Penelitian ini didasari dengan dijumpainya beberapa siswa yang masih melanggar tata tertib. Salah satu contoh pelanggarannya adalah berkata kotor, kurang sopan dan santun, peserta didik ribut sendiri, kemudian ada peserta didik yang berpakaian tidak rapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa peran guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Kalisono Karangsambung Kebumen yaitu : (1.) Proses pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan akhlak peserta didik Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Kalisono yaitu guru akidah Akhlak melaksanakan peroses pembelajaran tidak hanya sekedar mengajarkan teori semata, akan tetapi memberikan penanaman nilai-nilai religius kepada peserta didik. Tujuannya agar peserta didik senantiasa menyadari bahwa betapa pentingnya sebuah nilai kebaikan dalam kehidupan. (2.) Efektivitas pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan akhlak kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Kalisono bahwa kondisi akhlak peserta didik di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Kalisono Kebumen sudah lumayan membaik terlihat pada perilaku-perilaku yang ditampakkan oleh peserta didik yang mencerminkan perilaku baik, walaupun demikian, sampai saat ini guru masih terus berupaya untuk menumbuhkan akhlak, sikap atau perilaku peserta didik agar menjadi peserta didik yang barakhlakul karimah dan bermoralitas tinggi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Mustajab, M.Pd.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Efektivitass, Pembelajaran, Aqidah Akhlak |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 20 Feb 2025 03:21 |
| Last Modified: | 20 Feb 2025 03:21 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1495 |
